Lihat ke Halaman Asli

Pameran Defant De Laurent Angkat Produk Sisa Batok Kelapa, Berbasis Lingkungan

Diperbarui: 6 Juni 2024   05:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengkarya/dokpri

Padangpanjang, Kompasiana - Defant De Laurent merupakan salah mahasiswa ISI Padangpanjang yang berasal dari Program Studi Desain Produk. Bersamaan dengan diselenggarakannya Ujian Akhir Semester (UAS) serentak Mahasiswa Desain Produk. Oleh karena itu mereka dituntut untuk menghasilkan produk-produk ramah lingkungan, yang berasal dari limbah bekas alami. Dilain hal ini pameran ini bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (06/06/24).

Tema yang diangkat dalam pameran desain produk ini yaitu "Eco-Repeat-Eco", dengan maksud yaitu mahasiswa dapat menghasilkan produk yang berbasis lingkungan. Serta dapat mengkonsepkan pengelolaan limbah lingkungan, sehingga memiliki daya tarik produk, dapat memiliki nilai fungsi, ataupun estetika. Selain untuk meningkatkan soft skill dan hard skill dalam mengelola produk, juga untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi, serta kepedulian terhadap lingkungan.

Defant De Laurent sendiri menciptakan sebuh produk inovasi terhadap limbah kelapa dengan nama "Coconut Luqury". Ia menciptakan produk berupa tempat sabun, dan tempat peralatan mandi, dengan motif yang menarik. Serta memiliki daya tarik produk, sehingga seseorang yang melihat, menjadi tertarik untuk menggunakannya.

Pengunjung/dokpri

Disampaikan lagi bahwa, keunggulan dari produk ini yaitu dari bahan utamanya limbah batok kelapa yang ramah lingkungan. Dibuat oleh desainer dengan menggulkan pada tampilan yang menarik dan fungsional yang mencerminkan nilai fungsional. Ini tidak hanyak menguatkan  daya tarik visual produk, tetapi juga membedakan produk dengan pesaing lainnya, dan memberikan kesan profesional kepada pelanggan. Keunggulan yang ditonjolkan seperti pendekatan yang ramah lingkungan, serta batok kelapa memiliki kesan alami yang lembut sehingga  terkesan elegan. Ujar Defant.

Terakhir, disampaikan Defant. Harapannya dengan adanya pameran berbasis lingkungan "Eco-Repeat-Eco" dapat meningkatkan kepedulian bersama terhadap lingkungan. Serta dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan berbagai macam produk untuk kedepannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline