Lihat ke Halaman Asli

Arti ESBN dan Manfaat Penggunaannya

Diperbarui: 10 Oktober 2024   22:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Banyak masyarakat yang belum akrab dengan istilah ESBN. Jadi, apa sebenarnya arti dari ESBN? ESBN adalah singkatan dari Educational Serial Book Number yang arti dalam bahasa indonesianya adalah Nomor Buku Seri Pendidikan. ESBN adalah sistem penomoran unik untuk buku pendidikan yang menyediakan cara standar dan sederhana untuk mengidentifikasi dan melacak buku di seluruh dunia. ESBN dapat membantu penerbit kecil atau lembaga pendidikan besar untuk mengelola inventaris buku dengan lebih efektif, mengurangi kesalahan dan meningkatkan kualitas materi pendidikan secara keseluruhan.

Lalu, jenis buku apa saja yang dapat di ESBN? Jenis buku yang dapat di ESBN kan adalah buku panduan, modul, tutorial, buku kerja, buku teks, monograf dan lain sebagainya. Lalu, apa manfaat dari menggunakan ESBN? Manfaat menggunakan ESBN adalah :

  • Sistem ESBN akan memberikan sistem standar dan universal untuk mengidentifikasi dan mengkatalogkan buku-buku pendidikan dari daerah manapun. Dengan penggunaan system ESBN ini dapat menghindari kebingungan dan kesalahan saat mencari, memesan dan membeli buku-buku Pendidikan.
  • ESBN dapat membantu meningkatkan akses buku-buku pendidikan, terutama untuk siswa dan pendidik di daerah terpencil atau kurang mampu. ESBN dapat memudahkan distribusi sumber daya pendidikan kepada mereka yang membutuhkan.
  • Dengan adanya ESBN, semua buku dapat dilacak penggunaannya yang dapat membantu menginformasikan pengambilan keputusan tentang pembelian dan distribusi di masa mendatang.
  • Memiliki ESBN dapat menambah kredibilitas dan pengakuan terhadap buku dan sumber daya pendidikan.
  • Buku-buku pendidikan pengidentifikasian dan katalogisasi paling terjangkau.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline