Lihat ke Halaman Asli

KOMUNITAS ATMA JAYA MOVEMENT

Media Informasi Kegiatan Komunitas AJM UAJY

Diskriminasi terhadap Perempuan di Lingkungan Sosial

Diperbarui: 10 Februari 2022   18:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Definisi Diskriminasi :

Temen-temen pasti sudah gak asing lagi sama yang namanya tindakan “diskriminasi”. Nah, sebenarnya apa sih diskriminasi itu ? Jika kita mengambil pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka diskriminasi adalah pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara berdasarkan warna kulit, golongan, suku, ekonomi, agama, dan sebagainya.

Sedangkan, pengertian secara umum, yaitu diskriminasi adalah suatu tindakan buruk yang sengaja dilakukan oleh seseorang terhadap individu tertentu dan tindakan diskriminasi yang dilakukan oleh seseorang ini merupakan salah satu masalah yang dialami oleh banyak negara, termasuk di Indonesia.

Jenis – Jenis Diskriminasi :

  • Rasisme

Jenis pertama dari tindakan diskriminasi adalah rasisme. Menurut Merriam-Webster, pengertian dari rasisme, yaitu rasisme merupakan sebuah keyakinan seseorang bahwa ras merupakan salah satu penentu yang paling mendasar dari sifat dan kapasitas manusia, serta rasisme merupakan sebuah keyakinan seseorang bahwa perbedaan ras dapat menghasilkan keunggulan yang melekat pada ras tertentu.

  • Seksisme

Jenis kedua dari tindakan diskriminasi adalah seksisme di mana salah satu konsep dasar dari seksisme ini adalah adanya kepercayaan seseorang bahwa kaum laki-laki memiliki kekuatan fisik dan kecerdasan. Sedangkan kaum perempuan memiliki kekuatan emosional. Melalui pemahaman tersebut, maka terkadang bahkan sering muncul sikap-sikap diskriminatif yang berdasarkan pada jenis kelamin, terutama terhadap kaum perempuan.

  • Ageisme

Jenis ketiga dari tindakan diskriminatif adalah ageisme di mana ageisme sendiri merupakan sebuah pandangan yang menekankan pada aspek usia seseorang dan usia mereka dapat mempengaruhi bagaimana ia bersikap. Secara umum, individu-individu yang mempercayai paham ini berpendapat bahwa orang yang lebih tua jauh lebih berpengalaman dalam segala hal dan lebih bijak dalam menjalani hidupnya. Sedangkan orang yang lebih muda cenderung ceroboh dan kurang dapat diandalkan dalam segala hal.

  • Tokenism

Jenis keempat dari tindakan diskriminasi adalah tokenism. Tokenism merupakan pemberian dalam jumlah sedikit perlakuan positif kepada kelompok tertentu sebagai sebuah alasan untuk menolak adanya pemberian besar yang lebih positif.

  • Reverse discrimination

Jenis kelima dari tindakan diskriminasi adalah reverse discrimination. Reverse discrimination ini merupakan sebuah kecenderungan seseorang untuk menilai dan memperlakukan seseorang dari kelompok tertentu dengan lebih baik dibanding perlakuan terhadap kelompok lainnya. Pada awalnya perlakuan tersebut mungkin menguntungkan kelompok target. Biasanya seseorang yang melakukan reverse discrimination ini akan memberikan kenaikan pangkat, kenaikan gaji, ataupun keuntungan lainnya. Dalam jangka pendek hal tersebut akan sangat menguntungkan, tetapi pada jangka panjang hal tersebut akan sangat merugikan.

  • Disabilitas

Jenis keenam dari tindakan diskriminasi adalah disabilitas. Disabilitas merupakan kekurangan yang dimiliki oleh orang lain di mana kekurangan tersebut biasanya mengacu pada kecacatan fisik yang dideritanya. Diskriminasi disabilitas ini dapat terjadi ketika seseorang diperlakukan secara kurang menyenangkan oleh orang lain dalam situasi tertentu.

Bentuk – Bentuk Diskriminasi :

  • Tidak harus berpendidikan tinggi, harus bisa memasak.
  • Gaji perempuan yang tidak sama (kesenjangan honor)
  • Pelecehan seksual
  • Pembatasan kesempatan dalam memimpin
  • Stereotip (penilaian yang berasal dari persepsi, c/ suara perempuan tidak didengar)
  • Adanya aturan berpakaian
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline