Bogor, 19 November 2022 - Mahasiswa Program Studi Komunikasi Digital dan Media melaksanakan program pemberdayaan yang bernama Kampus Desa di setiap desa/kelurahan yang terletak di Kota dan Kabupaten Bogor. Program tersebut dilaksanakan dalam bentuk seminar atau talkshow yang bertujuan untuk mendistribusikan informasi kepada masyarakat desa.
Sebelumnya, mahasiswa dibagi dalam dua kelompok dalam satu kelas praktikum. Kelas D Praktikum 1 melaksanakan program Kampus Desa di Kelurahan Panaragan dan Kelurahan Sukaraja, Kota Bogor.
Kelompok mahasiswa yang melaksanakan program Kampus Desa di Kelurahan Panaragan terdiri atas 14 mahasiswa. Kegiatan ini dikoordinatori oleh Ir. Suparman, M.M dan diketuai oleh Kania Dafina. Tajuk dari kegiatan ini yaitu "PUDING: Penyuluhan Optimalisasi Penggunaan Media Sosial dan Gmail Sebagai Media Branding UMKM di Kelurahan Panaragan."
PUDING merupakan kegiatan penyuluhan yang ditujukan untuk pelaku UMKM yang berdomisili di Kelurahan Panaragan. Penyuluhan dipandu langsung oleh seorang moderator dan diisi oleh dua orang narasumber yaitu Gema Parasti Mindara, S.Si., M.Kom dan Melisa Aprilia, A.Md. Materi yang disampaikan narasumber pada penyuluhan ini adalah terkait Gmail dan media sosial sebagai media branding. Kegiatan ini diadakan secara tatap muka di Aula Kantor Kelurahan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor
Sebanyak 25 orang pelaku UMKM menghadiri acara ini. Acara berlangsung selama 2 jam. Dimulai pukul 10.30 -- 12.30 WIB. Adapun susunan acaranya yaitu pembukaan oleh Master of Ceremony, pembacaan Ayat Suci Alqur'an, sambutan dari ketua pelaksana, sambutan dari dosen koordinator, sambutan dari Lurah Panaragan, pembukaan sesi penyampaian materi oleh Moderator, penyampaian materi pembicara 1, penyampaian materi pembicara 2, sesi tanya jawab, doorprize, penutupan sesi penyampaian materi, dan penutupan oleh Master of Ceremony.
Gema Parasti Mindara selaku pembicara pertama menyampaikan tentang penggunaan Gmail dan diikuti dengan demo pembuatan Gmail untuk semua pelaku UMKM yang hadir
"Urgensi Gmail bagi pelaku UMKM sangatlah penting. Melalui Gmail kita dapat menjaga data pribadi dari hal-hal yang tidak diinginkan" ujar Gema saat memaparkan materi.
Setelah sesi penyampaian materi pertama, selanjutnya sesi penyampaian materi kedua. Sesi penyampaian materi kedua disampaikan oleh Melisa Aprilia, A.Md. Sesi penyampaian materi kedua membahas tentang Digital Branding di Media Sosial.
"Tidak ada salahnya kita selalu mencoba posting produk-produk kita di media sosial agar selalu dilihat oleh pengguna media sosial agar tertarik oleh produk yang kita jual" Ujar Melisa saat memaparkan materi digital branding media sosial.
Diharapkan dengan adanya kegiatan Kampus Desa dapat meningkatkan potensi mahasiswa dalam mendistribusikan informasi kepada masyarakat umum serta dapat menjadi upaya untuk berinovasi dan meningkatkan kreativitas mahasiswa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H