Lihat ke Halaman Asli

Belanja Produk Kecantikan Menjadi Top FMCG di E-Commerce

Diperbarui: 27 Juli 2024   21:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Produk kecantikan kini menjadi incaran disemua kalangan, banyak faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang untuk belanja produk kecantikan. salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah media sosial, seperti konten dan trend tentang kecantikan, influencer yang menawarkan benefit pada produk kecantikan, dan diskon pada pembelian e-commerce.

(FMCG) fast moving consumer goods yang meliputi produk makanan dan minuman, ibu dan bayi, kesehatan, dan perawatan kecantikan. Data penjualan Compas.co.id pada tahun 2023 menunjukan produk kecantikan terutama produk perawatan wajah mendominasi konsumsi warga Indonesia di e-commerce, sebesar 39,4% pada perawatan wajah dan 13,7% pada perawatan tubuh. Data tersebut dilakukan melalui riset pada Shopee, Tokopedia, dan Blibi.

Berdasarkan data tersebut menjadi bukti kesadaran warga Indonesia yang bertumbuh pada pentingnya perawatan tubuh, tidak hanya kebersihan, pola hidup, dan nutrisi kulit. Perilaku konsumen tersebut juga menguntungkan kesuksesan pelaku bisnis dan dapat menjadikan ajang pengenalan produk lokal.

Pengguna produk kecantikan kini bukan hanya kalangan perempuan, tetapi banyak juga laki-laki yang mulai menggunakan produk perawatan wajah, bahkan karena melejitnya pengenalan produk kecantikan anak usia dini juga banyak yang menggunakan produk kecantikan. Karena itu, sebagai konsumen harus lebih bijak dalam pemilihan produk kecantikan,  karena banyak oknum yang memanfaatkan momen seperti ini untuk melakukan tindak kriminal, seperti pemalsuan produk kecantikan dan penggunaan bahan yang dilarang pada produk kecantikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline