Lihat ke Halaman Asli

Peranan Media Audiovisual pada Proses Pembelajaran

Diperbarui: 23 Juni 2021   07:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peranan Media Audiovisual pada Proses Pembelajaran. | freepik

  • Atika Tri Wijayanti (12204173235)
  • Jurusan Tadris Matematika 5-D
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • Institut Agama Islam Negeri Tulungagung
  • Jl. Mayor Sujadi Timur No. 46 Tulungagung, Jawa Timur

Abstrak

Pendidikan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Pendidikan memberikan konstribusi yang luar biasa bagi kehidupan bangsa. Untuk dapat mendukung majunya pendidikan tentunya tidak terlepas dari peran guru dan komponen-komponen dalam pembelajaran, salah satunya adalah media.

Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan pesan dan informasi dari materi pelajaran dalam proses belajar mengajar sehingga pembelajaran lebih menarik dan dapap merangsang perhatian siswa. Pemanfaatan media seharusnya merupakan bagian yang harus mendapatkan perhatian dari guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran.

Oleh karena itu, sangat penting bagi para pendidik untuk mempelajari bagaimana menentukan media pembelajaran agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

Salah satu bentuk media pembelajaran yang sering digunakan pada masa kini adalah media audio-visual. Dimana media tersebut memanfaatkan indera pendengaran dan penglihatan dalam proses penyerapan pesan yang termuat pada media tersebut.

Kata Kunci: Pendidikan, Media pembelajaran, Media Audio-Visual

PENDAHULUAN

Kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh pendidikannya, dan majunya pendidikan ditentukan oleh sumber daya manusianya. Oleh karena itu, pendidikan memerlukan sistem pembelajaran yang efektif dan efisien.

Pembelajaran yang tengah diterapkan di Indonesia saat ini menggunakan pendekatan student center sehingga siswa dituntut aktif dalam pembelajaran, siswa diminta untuk mampu menemukan sendiri materi pembelajaran, sedangkan guru hanya memberikan garis besarnya. Di sini guru diharapkan untuk bisa kreatif dalam menemukan media pembelajaran untuk membantu pemahaman siswa.

Selain itu, pendidikan yang terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman, menuntut guru untuk lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran, terlebih lagi pada era revolusi indutri 4.0 yang semuanya kini berupa digital berbasis teknologi. Selain itu, pemberian motivasi dan dorongan dapat dilakukan oleh guru kepada siswa dengan tujuan agar siswa dapat semangat dalam mengikuti proses pembelajaran untuk mencapai prestasi belajar yang optimal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline