Higher Order Thinking Skill (HOTS) atau keterampilan berpikir tingkat tinggi menjadi semakin penting di abad ke-21 ini karena perubahan besar dalam lingkungan sosial, teknologi, dan ekonomi. Di era informasi dan globalisasi ini, siswa perlu memiliki keterampilan berpikir yang lebih maju dan adaptif untuk sukses dalam dunia yang terus berubah.
Mengintegrasikan HOTS dalam kurikulum dan pendidikan di abad ke-21 adalah langkah penting untuk mempersiapkan siswa menjadi individu yang terampil, kritis, dan adaptif dalam menghadapi tantangan di masa depan. Dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi, siswa akan menjadi potensi untuk menciptakan perubahan positif dan berhasil dalam berbagai bidang kehidupan.
Soal matematika berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) ini dirancang untuk mengukur kemampuan siswa dalam berpikir kritis, analitis, sintesis, evaluatif, dan kreatif.
Soal ini mendorong siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Siswa harus berpikir secara mendalam dan berusaha menghubungkan konsep-konsep yang berbeda untuk menyelesaikan tugas-tugas yang kompleks. Dalam soal ini materi disusun dan disesuaikan dengan kurikulum 2013 menggunakan bahasa yang komunikatif, sehingga mudah untuk dipahami oleh peserta didik.
Masalah-masalah yang dihadirkan dalam soal ini juga disesuaikan dengan aplikasi materi pada kehidupan sehari-hari sehingga secara tidak langsung peserta didik dapat meningkatkan pemahaman HOTS terhadap konsep -konsep matematika dan kemampuan serta keterampilannya dalam menyelesaikan masalah.
Berikut ini adalah soal-soal matematika berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) sebanyak 25 soal dalam bentuk format soal cerita :
1. Bu Amel memiliki persediaan 2 3/4 liter minyak goreng, kemudian 1 4/5 liter digunakannya untuk keperluan memasak di dapur. Setelah itu, Bu Tika juga membeli minyak goreng sebanyak 1 3/5 liter. Berapa liter minyak Bu Tika sekarang?
A. 1 11/20 liter
B. 3 1/2 liter
C. 2 11/20 liter
D. 6 3/20 liter