Lihat ke Halaman Asli

Atika Zahra Nasution

Mahasiswa Ilmu Komunikasi/Universitas Sumatera Utara

Strategi Mengatasi Kesenjangan Belajar Siswa SD

Diperbarui: 1 Juni 2023   23:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Atika Zahra Nst (200904003)/Azzahra Ramadhanti (200904113)

Dosen: Drs.Syahfruddin Pohan, M.Si, Ph.D

Kesenjangan antara harapan dan kenyataan sesungguhnya adalah masalah. Permasalhan akan selalu ada jika keinginan suatu individu tidak mampu dipenuhi karena berbagai keterbatasan. Sebuah rumusan masalah yang baik adalah adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Hal tersebut dapat diinterpretasikan bahwa sebuah masalah yang baik adalah adanya GAP. Meskipun tidak semua penelitian mensyaratkan adanya hal tersebut.  Pengungkapan masalah secara jelas merupakan pendekatan dalam merumuskan masalah dengan tepat sehingga masalah dapat terpecahkan dengan baik.

Definisi Kesenjangan

Kesenjangan adalah adanya ketidak sesuaian antara apa yang seharusnya atau apa yang diharapkan dengan apa yang terjadi. Contoh pada siswa SD, mereka diharapkan memiliki keterampilan dalam membaca, menulis dan berhitung. Akan tetapi dalam kenyataannya mereka hanya bisa membaca saja, sehingga kebutuhannya adalah bagaimana supaya mereka bisa menulis dan berhitung. Sehingga kita sebagai guru harus bisa menghilangkan kesenjangan yang muncul, pada masalah ini kita dapat membuat suatu media audiovisual yang interaktif, sehingga menambah kemampuan belajar siswa dan mempermudah siswa memahami suatu materi yang di berikan.

Misalnya agar siswa dapat menulis, kita berikan video interaktif bagaimana cara menulis suatu huruf dengan benar, Ketika muncul instruksi dari media tersebut seperti "hai adik-adik,  sekarang kita akan belajar bagaimana cara menulis huruf A, ikuti kakak ya!"  dan instruksi dilanjutkan dengan " ayo sama-sama kita tarik sebuah garis miring, dari ujung atas tadi kita tarik lagi sebuah garis miring, hingga hamper membentuk segitiga" contoh istruksi seperti hal tersebut maka siswa akan mengikutinya untuk, menggunakan media ini harus dengan syarat bentuk dan warna serta latar yang digunakan harus menarik.

Tidak hanya ada pengetahuan dan keterampilan, pada aspek sikap juga sering terjadi kesenjangan yang mendorong kebutuhan. Yaitu, siswa SD yang diharapkan berperilaku hidup sehat dengan rajin mencuci tangan, membuang sampah pada tempatnya, dan selalu berpakaian rapi. 

Namun dalam kenyataannya tidak sesuai dengan harapan, dengan demikian terjadi kebutuhan bagaimana meningkatkan sikap siswa untuk hidup bersih. Kita bisa tempelkan sebuah gambar bagaimana cara mencuci tangan dengan baik dan benar pada kamar mandi, atau membuat sebuah video tentang mencuci tangan sembari mempergerakkan bagaimana mencuci tangan dengan baik dan benar, untuk siswa agar tidak buang sampah sembarangan lagi bisa diberikan warna pada tong sampah yang berbeda untuk tiap jenis sampahnya, memberikan hadiah pada salah satu siswa bila berkelakuan baik dan selalu berpakaian rapi tiap kelasnya.

Strategi Menghadapi Suatu Masalah dengan Bijak

  1. Tetap Tenang

Cara menghadapi masalah yang pertama ialah tetap dalam keadaan tenang. Kita tidak boleh panik dan harus berpikir jernih. Pikiran yang stres dan emosi dapat menghalangi kita untuk mendapatkan solusi yang terbaik.

  1. Ketahui Akar Masalah

Saat kita mendapatkan suatu masalah, kita harus mencari akar dari masalah tersebut. Jika kita sudah mendapatkan akar permasalahan tersebut, maka solusi akan lebih mudah untuk dicari.

  1. Selasaikan Masalah Satu Persatu
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline