Lihat ke Halaman Asli

Hal-hal yang Bakal Kalian Dapetin Kalo Kuliah di Jurusan Perhotelan

Diperbarui: 7 Agustus 2020   16:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kuliah merupakan fase yang sangat dinanti umumnya pada kaum milenial. Ada yang belajar hingga mati matian demi mendapatkan suatu jurusan yang diinginkannya ada juga yang sampai galau berhari hari karena harus memilih jurusan apa yang akan ditempuhnya.

Arsitektur, hukum, kedokteran, ekonomi, akuntansi merupakan jurusan yang paling banyak diminati beberapa tahun terakhir ini. Namun belum banyak orang mengetahui adanya jurusan perhotelan. Berikut merupakan hal -- hal yang akan kalian dapatkan ketika kuliah mengambil jurusan perhotelan.

Jurusan perhotelan merupakan jurusan yang membahas bidang ilmu perhotelan serta hospitality. Disini kalian akan belajar mengenai management hotel (semua aspek operasional yang berada di hotel dan industri makanan), manajemen bisnis, human relations, marketing dan sebagainya.

Biasanya jurusan perhotelan menawarkan studi vokasi dengan gelar sarjana terapan (D4) dan Ahli Madya Pariwisata (D3). Beberapa kampus juga menawarkan jenjang D1.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan ketika mengecam studi ilmu perhotelan, yaitu, jurusan ini merupakan jurusan yang menyenangkan karena kebanyakan mata kuliah perhotelan berhubungan erat dengan praktikum.

Perhotelan erat juga kaitannya dengan hiburan sehingga membuat suasana kelas lebih menyenangkan. Kalian akan cepat memahami teori karena diimbangi dengan praktik. Hal ini bertujuan agar para pelajar sudah terbiasa menguasai keterampilan yang dibutuhkan di industri perhotelan.

Beberapa kampus juga menawarkan fasilitas yang sangat memadahi sehingga pelajar bisa melakukan pekerjaan dengan baik. Karena dalam industry perhotelan terdapat benda benda yang khas yang bisa mendukung hiburan dan liburan pelanggan.

Dengan adanya fasilitas yang sudah sesuai standar ini membuat para pelajar tidak canggung ketika menggunakannya kelak setelah berada di dunia industri nanti.

Selain itu, jurusan perhotelan juga menyediakan on the job training atau praktik kerja industri pada beberapa semester. Mahasiswa akan dibiasakan bekerja agar mereka siap untuk menghadapi industri perhotelan ketika usai kuliah nanti. Jurusan perhotelan biasanya akan menempatkan mahasiswanya untuk magang di bidang front office, HR, Food and beverage, room division dan sebagainya.

Mata kuliah jurusan perhotelan bisa berbeda beda tergantung pada kampus yang dipilih. Namun ada beberapa hal utama yang akan kalian dapatkan yaitu:

Food and beverage department

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline