Lihat ke Halaman Asli

Athira Naila

Athira Naila Khairunnisa

Cara Kekinian Menjaga Lingkungan, Mengubah Sampah Organik Menjadi Larutan Multiguna

Diperbarui: 27 Februari 2022   12:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

CARA KEKINIAN MENJAGA LINGKUNGAN DENGAN MENGUBAH SAMPAH ORGANIK MENJADI LARUTAN MULTIGUNA

Negara Indonesia adalah negara dengan tingkat penyumbang sampah terbesar Ke dua di Dunia yang dengan penumpukan sampah tersebut akan menimbulkan Barbagai penyakit serta ketidaknyamaan masyarakat sekitar yang dimana kita tahu bahwa sampah dapat mencemari lingkungan, dan juga lautan. Dengan begitu Indonesia memiliki limbah rumah tangga yang yang tinggi dimana komposisi utama penyusun limbah rumah tangga tersebut adalah sampah sisa makanan/limbah pengolahan pangan atau biasa disebut sebagai sampah organik Bahan-bahan organik dari sampah organik tersebut selama ini belum dikelola dan dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat yang tinggal di indonesia. Padahal bahan-bahan organik dari sampah organik ini mempunyai potensi yang besar untuk dimanfaatkan kembali menjadi barang yang berguna dan bisa mempunyai nilai ekonomi yang cukup besar. Sampah organik diantaranya dapat diolah menjadi pupuk organik, biogas, arang briket, kerajinan tangan, dan eco enzyme. Eco enzyme merupakan salah satu alternatif pemanfaatan limbah organik menjadi suatu produk dengan nilai ekonomi dan juga dengan banyak Manfaat yang sebagian masyarakat belum tahu. Pembuatan Eco-Enzyme dapat berkontribusi dalam mencegah atau mereduksi Resiko pencemaran lingkungan, serta meningkatkan citra sosial kimia, sebagai Media yang tepat untuk mengajarkan tanggung jawab sosial.

Manfaat Eco Enzyme

Dari beberapa sumber yang saya baca bahwa Larutan ecoenzym memiliki banyak sekali manfaat diantaranya yaitu:

1.Menggantikan bahan kimia yang terdapat di dalam cairan pembersih serbaguna, hand sanitizer, sabun, detergen, pengharum ruangan.

2.Dapat digunakan sebagai detoksifikasi racun pada tubuh, obat luka bakar, mencegah sariawan,dll.

3.Di bidang Pertanian Eco-Enzyme dipakai untuk pembasmi hama, pada tumbuhan serta memberikan nutrisi pada tanah dengan menjadikan ecoenzym sebagai Pupuk Tanaman.

4.Mengurangi dampak polusi udara yang menyebabkan menipisnya lapisan ozon.

Cara Membuat Eco Enzyme

Disini saya akan membuat cairan Multiguna yaitu cairan ecoenzym dari limbah organik dengan perbandingan 1:3:10, diamana Limbah organik yang akan saya pakai berjumlah 300gram, Molase 100 gram, dan Air 1 liter.

Bahan:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline