Lihat ke Halaman Asli

Bela Negara

Diperbarui: 19 Oktober 2023   20:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa kalian tahu apa yang di maksud bela negara? Kamus umum bahasa Indonesia mengartikan kata "bela" Sebagai menjaga sebaik-baiknya, merawat, memelihara, menghindarkan dari bahaya, memihak untuk mempertahankan sesuatu.

Semua itu berada dalam konteks negara. Bisa di artikan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memiliki wilayah dari sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai pulau Rote. Jadi "membela negara" dapat diartikan menjaga, dan mempertahankan adanya negara tersebut bahkan membebaskan dari segala macam bahaya.

Lalu kenapa negara harus di bela, bukankah negara masih bisa berdiri tanpa di bela? Hal tersebut salah, berdirinya sebuah negara karena adanya sinkronisasi dari banyaknya aspek-aspek antara yang mengatur negara dengan warga negara tersebut. Negara  juga memiliki tugas pokok dalam mengembangkan negaranya, yaitu :

*Melindungi seluruh penduduk dalam wilayah negara tersebut dari :

1.Segala macam ancaman baik dari luar maupun dalam.

2.Ancaman penyakit atau segala bentuk bahaya lainnya, termasuk bahaya lalulintas, bahaya bencana alam, terorisme, ideologi-ideologi yang dapat mengancam penduduk.

*Mendukung secara langsung menyediakan berbagai pelayanan bagi masyarakat dalam berbagai bidang. Negara juga mengembangkan dan meningkatkan kemampuan warga negaranya setidaknya warga negara bebas dari kemiskinan, ketergantungan ekonominya.

*Menjadi penengah terhadap segala macam permasalahan sosial dalam negeri untuk menjamin keadilan yang mendasar dalam hubungan sosial.

Dari paparan di atas kita bisa melihat bahwa perkembangan kita sebagai manusia juga bergantung dari dukungan yang di berikan oleh negara yang kita tempati. Namun negara juga meminta secara tidak langsung dalam timbal balik oleh warga negara tersebut. Dan timbal balik tersebut merupakan bentuk bela negara.

Nah ada pertanyaan apakah penting setiap warga negara untuk mempelajari bela negara? Jawabannya iya, karena kita membutuhkan negara dan negara juga membutuhkan kita. Kenapa harus dalam bentuk pengajaran? Karena kesadaran bela negara bukanlah hal yang bisa tumbuh secara langsung dalam setiap diri masyarakat. Adanya pendidikan bela negara dari kecil agar dapat menanamkan landasan dan nilai-nilai dari bela negara.

Bela negara dapat kita gambarkan dengan mudah namun ada beberapa nilai terperinci di dalamnya, yaitu :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline