Lihat ke Halaman Asli

Konteks Historis dari Komunikasi Internasional

Diperbarui: 23 September 2018   05:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Beberapa ahli mengatakan bahwa Komunikasi Internasional adalah Komunikasi yang didasari atas tujuan politik. Dilakukan demi menjaga keharmonisan antar bangsa atau negara. Untuk mendukung segala macam kegiatan dan kepentingan politik berupa propaganda, pertukaran informasi, diplomasi, pertahanan, serta keamanan suatu negara.

Perkembangan Komunikasi Internasional tidak terlepas pada konteks historisnya. Perkembangan Komunikasi Internasional terjadi salah satunya karena adanya hubungan komunikasi dan jaringan yang dibangun oleh wisatawan. Dari komunikasi yang terjalin antara yang satu dan yang lain, terjadilah pertukaran budaya.

Budaya atau pun Kebiasaan kadang melekat pada diri kita, tanpa kita sadari. Kebiasaan yang kita lakukan secara berulang itulah mengkomunikasikan diri kita kepada orang lain. Pertukaran budaya pun terjadi begitu cepat karena adanya komunikasi dari satu orang ke yang lain. Dari kelompok ke kelompok bahkan dari suatu negara ke negara yang lain. Pertukaran inilah yang mendasari adanya Komunikasi Internasional.

Komunikasi Internasional juga berkembang melalui jalur perdagangan dunia. Sejak saat itu, Komunikasi Internasional mengalami banyak perubahan dan perkembangan. Perkembangan Komunikasi Internasional tidak hanya di sebabkan oleh wisatawan yang datang ke suatu Negara, melainkan karena peran dan semakin besarnya jalur perdagangan dunia yang mempengaruhi banyak hal. Mulai dari perekonomian suatu Negara, Budaya, bahkan Pemerintahan. Tetapi tidak untuk penyebaran agama atau pendidikan.

Di sebabkan beberapa hal diatas, terjalin lah Komunikasi Internasional sebagai kebutuhan memberi dan menerima informasi dari seseorang kepada orang lainnya. Selain itu, penyebaran informasi secara tertulis di zaman dahulu tidak beraturan. Semua menyesuaikan daerah dan budaya mereka masing-masing. Ada yang menulis menggunakan tinta dan kertas. Ada yang menulisnya di kulit hewan. Ada pula yang menulisnya di batu. Ini terjadi pada zaman kekaisaran Cina. Dan Negara yang lain pun menyebarkan informasi dengan cara yang berbeda-beda.

Karena perkembangan Komunikasi Internasional tidak hanya dilakukan dengan berkomunikasi secara langsung atau lewat tulisan saja, Komunikasi Internasional pun sudah mulai menggunakan teknologi. Salah satunya adalah dengan menggunakan Telegraf. 

Yaitu alat komunikasi pertama dengan menggunakan sinyal elektrik. Cara kerjanya dengan mengirimkan sinyal elektrik melalui kabel yang kemudian di terjemahkan menjadi sebuah pesan. Samuel Morse pertama kali mengirimkan pesan lewat telegraf dari Washington DC ke Baltimore Marryland, pada 1844.

Namun pada abad ke 21, Telegraf sudah tidak digunakan lagi, namun dari telegraf lah muncul berbagai teknologi untuk berkomunikasi, diantaranya mesin fax, telepon, dan internet. 

Selain menggunakan Telegraf, perkembangan Komunikasi Internasional juga semakin pesat dengan adanya Radio yang berkembang. Radio tidak menggunakan kabel, hanya menggunakan jaringan sehingga memudahkan semua orang dalam berkomunikasi. Perkembangan Radio sendiri berawal di Amerika Serikat pada tahun 1906, setelah itu barulah berekmbang ke beberapa Negara seperti Inggris, Prancis, Uni Soviet dan Jepang.

Begitulah Konteks Historis dari Komunikasi Internasional. Berkembang dengan cepat ke berbagai bangsa dan negara. Hal ini terjadi dan di dukung pula oleh semakin pesatnya perkembangan teknologi di dunia. Perkembangan bahasa Internasional pun menyebar ke semua Negara. 

Bahasa Internasional yang digunakan adalah bahasa Inggris. Karena bahasa ini merupakan bahasa yang tertua yang ada di dunia dan berasal dari dataran Britania sejak abad ke 8. Selain menjadi bahasa yang tertua di dunia, bahasa inggris mengalami perkembangan kosa kata yang sangat pesat sehingga di gunakan sampai saat ini sebagai bahasa yang menjadi bahasa Komunikasi Internasional.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline