Lihat ke Halaman Asli

Athena Apik

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Ajak Ibu PKK berwirausaha, Mahasiswa Untag Surabaya Lakukan Pelatihan Pembuatan Olahan Talas

Diperbarui: 22 Januari 2024   01:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

Periode Kegiatan Pengabdian Mahasiswa Untag Surabaya kali ini berlokasi di kota Mojokerto. Salah satu Desa yang dijadikan lokasi kegiatan pengabdian awal januari ini ialah Desa Kesimantengah. Setelah melakukan survey diketahui Desa Kesimantengah terkenal dengan hasil panen talas yang melimpah.

Program kerja utama yang dilaksanakan Athena Apik bersama teman-teman kelompok pengabdian Untag Surabaya pada Rabu (17/01/2024) lalu, berfokus dalam pelatihan pembuatan talas menjadi olahan makanan. Dengan didampingi oleh I.G.N Andhika Mahendra, S.E.,, M, M. kami melakukan penataran ke mitra ibu-ibu PKK. Dilibatkannya kelompok Ibu-Ibu PKK dalam program kerja ini bertujuan untuk membantu ibu-ibu Desa Kesimantengah meningkatkan perekonomian keluarga.

Talas banyak diolah menjadi jajanan kering seperti keripik, perlu adanya kreasi baru yang lebih menarik dan kekinian. Sesuai dengan tema yang diangkat " Penerapan Inovasi dan IPTEKS Patriot Merah Putih Bagi Masyarakat"  mahasiswa Untag berinovasi  mengolah talas menjadi tiga produk makanan dan minuman kekinian yaitu, Bolu Talas, Susu Jelly Talas dan Pudding Talas. Produk makanan ini nantinya di kemas dengan menarik dan bisa di distribusikan ke warung-warung atau pasar di dekat daerah Kesimantengah.

dokumentasi pribadi

Walaupun, disaat pelaksanaan pengabdian cuaca di Desa Kesimantengah sedang turun hujan deras, Ibu-Ibu PKK tetap semangat mengikuti pelatihan bersama teman-teman Pengabdian, mereka juga merespon dengan antusias dan terlihat tertarik dengan penataran yang diberikan secara penuh.

Adanya kegitaan pelatihan inovasi pembuatan olahan talas menjadi tiga produk makanan dan minuman bersama ibu-ibu PKK di Desa Kesimantengah diharapkan bisa memberi ide wirausahaa baru sehingga warga kesimantengah khususnya ibu-ibu mampu meningkatkan perekonomi keluarga.

#UntagSurabaya

#KitaUntagSurabaya

#UntukIndonesia

#UntagSurabayaKeren

#EcoCampus

#KampusKompoten




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline