Lihat ke Halaman Asli

Athariq

Mahasiswa

Mengenal Teknik "Fingerstyle" dalam Permainan Gitar

Diperbarui: 15 Desember 2022   16:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dictio.id

Gitar

Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan. Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat. Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis: akustik dan elektrik.

Gitar akustik, dengan bagian badannya yang berlubang (hollow body), telah digunakan selama ribuan tahun. Terdapat tiga jenis utama gitar akustik modern: gitar akustik senar-nilon, gitar akustik senar-baja, dan gitar archtop. Gitar klasik umumnya dimainkan sebagai instrumen solo menggunakan teknik fingerpicking komprehensif.

Gitar elektrik, diperkenalkan pada tahun 1930-an, bergantung pada penguat yang secara elektronik mampu memanipulasi bunyi gitar. Pada permulaan penggunaannya, gitar elektrik menggunakan badan berlubang (hollow body), namun kemudian penggunaan badan padat (solid body) dirasa lebih sesuai. Gitar elektrik terkenal luas sebagai instrumen utama pada berbagai genre musik seperti blues, country, reggae, jazz, metal, rock, dan berbagai bentuk musik pop.

Fingerstyle

Fingerstyle adalah cara memainkan gitar dengan melibatkan seluruh jari tangan, dan cara memainkannya memetik dengan ujung jari atau kuku, atau dengan alatnya fingerpick biasanya menggunakan gitar akustik yang berstring 6 sampai 12, fingerstyle bisa dijelaskan sebagai teknik memainkan gitar dengan petikan jari saja hingga terdengar rangkaian melodi lagu. Boleh dibilang, teknik bermain gitar ini benar-benar back to basic.

Namun, melodi dari gitar yang dia mainkan memang menirukan suara vokal dari lagunya. Sementara itu, mereka juga memadukan permainannya dengan ketukan perkusi, memanfaatkan tabung resonansi gitar. Alhasil, hanya bermodal satu gitar saja, lagu yang dimainkan bakal terdengar ramai.

Teknik - Teknik Fingerstyle

1. Fingering
Teknik paling dasar dari permainan gitar fingerstyle adalah penempatan jari. Teknik fingering memposisikan jari dari masing-masing tangan untuk tugas yang berbeda. Jari-jari tangan kiri difungsikan untuk menekan senar di fret, sedangkan jari-jari tangan kanan difungsikan untuk memetik senar di permukaan body. cara melatih fingering

2. Strumming
Teknik dasar fingerstyle dalam bermain gitar akustik yang kedua adalah strumming, sebuah teknik memetik gitar yang dilakukan secara bersamaan. Adapun jumlah senar yang harus dipetik untuk satu nada bisa disesuaikan dengan karakteristik lagu, mulai dari petikan 2 senar hingga 6 senar sekaligus. Petikan dilakukan dengan menggunakan ujung jari tangan atau fingerpicks. cara memainkan strumming dalam fingerstyle

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline