Lihat ke Halaman Asli

Atha Rifki Ujali

Mahasiswa Universitas Pamulang

Pemanfaatan Tempat Sampah di Area Umum untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Lingkungan

Diperbarui: 12 Januari 2022   20:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Permasalahan mengenai sampah merupakan hal yang sangat membutuhkan perhatian serius dari berbagai pihak dan warga sekitar. Karena untuk saat ini sampah masih menjadi persoalan yang mendapati kegagalan dalam hal penanganannya. 

Padahal jika dilihat dari dampak yang pasti terjadi dalam masyarakat jika penanggulangan sampah tidak ditangani dengan baik akan berimbas pada menurunnya kualitas kehidupan, keindahan lingkungan,potensi terjadi banjir akan lebih besar karena tidak menutup kemungkinan sampah area tersebut akan menghalangi arus air sehingga terjadi bencana alam seperti banjir dan menurunnya kualitas kesehatan warga masyarakat yang tinggal di sekitar area polusi sampah. 

Jika hal ini terus berlangsung dalam jangka panjang maka dapat mempengaruhi arus investor daerah, daya jual dan daya tarik daerah tersebut akan menurun drastis.

Bahkan menurut ahli kesehatan, polusi sampah, mengakibatkan dampak buruk terhadap kesehatan.Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Pamulang di Lingkungan Desa Curug, kecamatan jasinga, Kabupaten Bogor. Mahasiswa dari Universitas Pamulang datang untuk memberikan penyuluhan tentang pemanfaatan tempat sampah di area umum. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ibu-ibu PKK dan Remaja Desa Curug Kabupaten Bogor.

Sebelum acara dimulai sebagai dosen pembimbing, Antoni Maulana ST. MT  dalam sambutannya mengucapan terimakasih kepada Ibu-ibu PKK dan Remaja Desa yang turut serta sudah memberikan waktu dan tempat mereka untuk menjadikan pelaksanaan PKM yang dilakukan oleh team Falkutas Teknik Industri Universitas Pamulang

Dokpri

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) terdiri dari 5 orang Mahasiswa yaitu Adam Ramadhan, Atha Rifki Ujali, Dimas Primasiga, Fahmi Firdiyansah, Muhammad Bintang Hafidz.

Adam Ramadhan selaku ketua kegiatan PKM memberikan penyuluhan tentang Pemanfaatan tempat sampah di area umum  untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sekitar.

Adapun tujuan kegiatan PKM ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang berbagai macam jenis sampah dengan cara memisahkan dan membuang sampah ke tempat yang sesuai jenisnya, seperti sampah Organik, sampah Anorganik, dan sampah jenis B3. Metode kegiatan PKM yang digunakan, berupa penyuluhan dan simulasi pemilahan sampah.

Besar harapan dengan adanya PKM penyuluhan tentang pemanfaatan tempat sampah di area umum dapat membantu dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sekitar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline