Lihat ke Halaman Asli

Athala Parlambang

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Trisakti

Gregg Berhalter, Joachim Lw-nya Amerika Serikat?

Diperbarui: 23 November 2022   19:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sepak Bola di Amerika Serikat merupakan Olahraga yang mengalami Perkembangan paling pesat. Tercatat terdapat 4.000 atlit Sepakbola SMA Pria di Amerika Serikat yang bahkan melampaui baseball, permainan tradisional Amerika Serikat. 

Perkembangan yang pesat ini tentu juga berpengaruh bagi pamor para pemain Amerika Serikat diluar negeri Paman Sam tersebut, terutama di Eropa. Semakin banyak pemain Amerika Serikat direkrut oleh tim-tim Eropa contohnya Christian Pulisic yang direkrut oleh Dortmund pada tahun 2013 akhir dikarenakan penampilannya yang apik di Piala Nike saat timnas U17 Amerika Serikat mampu membilas Brasil di final. 

Landon Donovan, sang veteran juga merupakan salah satu Contoh. Sang Pemenang Golden Boy Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang ini sebelum membela tim-tim MLS dan dipinjam ke tim-tim Eropa sempat menghirup udara Sepakbola Eropa bersama dengan Bayer Leverkusen pada tahun 1999 dimana ia menjadi Juara 3 bersama dengan timnas U17 Amerika Serikat.

Tidak hanya Pamor Pemain saja yang meningkat, namun juga pamor para pelatih. Tercatat beberapa Pelatih Amerika Serikat sudah sukses di kancah Eropa bahkan Internasional, salah satu contohnya adalah Bob Bradley . 

Mantan Pelatih timnas AS pada Piala Dunia 2010 ini   sempat menukangi Timnas Mesir pada tahun 2011-2013, dan Swansea pada tahun 2016.Selanjutnya adalah Jesse Marsch, pelatih Leeds United sekarang ini yang juga berpengalaman menjadi pelatih RB Salzburg. 

Membahas mengenai timnas Amerika Serikat, timnas Amerika Serikat merupakan tim termuda di Piala Dunia 2022 dengan mayoritas bermain di MLS. Hal ini dapat terjadi berkat Gregg Berhalter yang menggantikan Posisi Bruce Arena sebagai Pelatih Amerika Serikat pada tahun 2018. 

Bruce Arena diganti setelah beliau gagal membawa Amerika Serikat lolos ke Piala Dunia 2018, yang merupakan sebuah kegagalan yang nyata. Namun siapa Gregg Berhalter ini? kenapa beliau merupakan Joachim Lw-nya Amerika Serikat?. 

Seperti dikutip oleh The Sun USA, Gregg Berhalter merupakan Pria kelahiran 1 Agustus 1973 di Kota Englewood, New Jersey. Gregg Berhalter merupakan seorang Pemain Sepakbola yang setelah karir bermainnya berakhir memutuskan untuk menekuni dunia kepelatihan Sepakbola. 

Gregg Berhalter memulai karir Profesionalnya bersama Raleigh Flyers dimana beliau bermain pada tahun 1993. Namun beliau dilirik oleh tim Eropa, yakni PEC Zwolle dimana beliau bermain dari tahun 1994-1996.  

Pada tahun 1996-1998 beliau bermain di Sparta Rotterdam, dan selanjutnya dari tahun 1998-2000 beliau mengenakan baju Cambuur Leeuwarden, tim divisi dua Belanda pada saat itu.  

Dari tahun 2001-2002 beliau membela Crystal Palace. Pada tahun 2002-2006 beliau bermain di Energie Cottbus, dan dari tahun 2006-2009 beliau bermain di 1860 Mnchen. Di Penghujung karirnya, lebih tepatnya 2009-2011 beliau membela LA Galaxy. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline