Lihat ke Halaman Asli

Atep RuzhanNur

Guru/Wali Kelas

kepemimpinan transformatif

Diperbarui: 13 Juli 2024   20:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

"Kepemimpinan Transformatif Madrasah Terbaik Nasional: Studi Multi Situs di MAN Insan Cendekia Serpong, MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan, dan MAN 2 Kota Malang", yang ditulis oleh Dr. H. Moh. Sulhan, M.Ag., dan Dr. H. Ilyas Rifa'i, M.A., memberikan kontribusi yang signifikan untuk meningkatkan pemahaman kita tentang dinamika kepemimpinan dalam pendidikan madrasah di Indonesia. Buku ini memberikan pemahaman mendalam tentang praktik kepemimpinan transformatif yang efektif yang digunakan di beberapa MAN terkenal di Indonesia, seperti MAN Insan Cendekia Serpong, MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan, dan MAN 2 Kota Malang. Pendekatannya yang berbasis studi multi-situs adalah kekuatan utama buku ini. Para penulis berhasil menyajikan spektrum strategi kepemimpinan transformatif yang beragam dengan memilih madrasah yang berbeda secara geografis dan kontekstual.

Buku ini merinci praktik kepemimpinan transformatif di tiga MAN paling terkenal di Indonesia: MAN Insan Cendekia Serpong, MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan, dan MAN 2 Kota Malang. Para penulis dengan jelas menjelaskan berbagai strategi kepemimpinan yang dapat diterapkan di madrasah. Strategi-strategi ini memiliki kemampuan untuk mengatur aktivitas sehari-hari serta mengubah paradigma pendidikan dan membuat lingkungan pembelajaran yang menarik.

Analisis yang mendalam terhadap karakteristik kepemimpinan transformatif, seperti pengembangan visi bersama, pemberdayaan staf dan siswa, serta inovasi dalam kurikulum dan metode pengajaran, menjadi poin penting dalam buku ini. Para penulis juga menyoroti pentingnya keberlanjutan dan adaptabilitas dalam menghadapi tantangan-tantangan kontemporer dalam pendidikan.

Dalam konteks pendidikan madrasah yang sedang berubah di Indonesia, buku ini sangat penting. Buku ini menampilkan berbagai contoh keberhasilan di MAN, memberikan inspirasi dan panduan praktis bagi para pemimpin madrasah untuk menerapkan pendekatan yang lebih holistik dan progresif untuk meningkatkan kualitas Pendidikan.

Secara keseluruhan, buku ini berhasil menyimpulkan bahwa kepemimpinan transformatif bukan hanya tentang mengelola; tetapi juga tentang memimpin dengan visi jangka panjang untuk memajukan pendidikan madrasah. Para penulis menggarisbawahi bahwa kepemimpinan yang efektif di madrasah harus mampu beradaptasi dengan perubahan sosial dan teknologi, mendorong budaya kerja yang berkolaborasi, dan mendorong inovasi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline