Lihat ke Halaman Asli

Atasia Fanisa

mahasiswi

Pendekatan Pesan Iklan untuk Generasi Milenial dan Gen Z

Diperbarui: 7 Juli 2024   23:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

@youtube.hyundai

Nama: Putri Atasia Fanisa
Nim: 23010400176
Matkul: Pengantar Advertising
Dosen Pengampu : Jamiati KN, S.I., M.IKom

"PENDEKATAN PESAN IKLAN UNTUK GENERASI MILENIAL DAN GEN Z"

Pendekatan Pesan Iklan
Pendekatan pesan iklan ini merupakan salah satu cara dalam penyampaian pesan dalam sebuah iklan untuk mencapai atau mendapatkan tujuan komunikasi yang diinginkan. Dalam menulis pesan juga terdapat beberapa pendekatan yang bisa digunakan, pendekatan-pendekatan tersebut juga akan memudahkan kita untuk menyampaikan pesan sesuai dengan tujuan beriklan.

1.Rasional

Pendekatan ini sering kali digunakan untuk profuk-produk yang memerlukan pertimbangan rasional dari pihak konsumen. Contohnya seperti produk layanan keuangan atau teknologi.
Contoh iklan:

2.Emosional
Pendekatan emosional ini sangat efektif digunakan untuk produk-produk yang berkaitan dengan gaya hidup atau identitas pribadi agar menciptakan ikatan emosional dengan audiens melalui gambar atau music yang memancing perasaan tertentu.
Contoh iklan:
 

3.Humor
Humor ini merupakan pendekatan pesan yang meningkatkan daya Tarik dan efektivitas iklan, tetapi harus digunakan dengan hati-hati agar tidak menyinggung para audiens yang mendengar atau melihat iklan tersebut.
Contoh iklan:

4.Ketakutan dan kekhawatiran
Pendekatan pesan ini membuat para audiens merasakan urgensi atau kekhawatiran untuk mendorong tindakan segera, seperti membeli produk atau menghindari masalah. Contoh dari pendekatan pesan iklan ini bis akita ambil dari iklan asuransi atau produk Kesehatan.
Contoh iklan:
 

5.Aspirasional
Pendekatan pesan iklan ini merujuk pada iklan produk mewah atau fashion dan menampilkan gaya hidup yang diinginkan oleh para audiens. Sehingga mempengaruhi mereka untuk membeli produk atau jasa tersebut agar bisa mencapai aspirasi mereka.
Contoh iklan:
 

6.Testimoni dan Endorsment
Pendekatan ini sangat efektif karena para audiens cenderung percaya pada pengalaman orang lain atau pendapat dari tokoh-tokoh yang mereka kagumi.
Contoh iklan:

instagram: @eminacosmetics 


 

7.Demonstrasi
Pendekatan ini membuat audiens dapat melihat manfaat dan keunggulan dari sebuah produk. Pendekatan demonstrasi tersebut menunjukkan cara kerja produk/jasa mereka dalam beriklan, pendekatan ini juga sering digunakan untuk produk rumah tangga atau alat-alat teknologi.
Contoh iklan:
 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline