Lihat ke Halaman Asli

Pelatihan Intensif oleh Mahasiswa TIM I KKN UNDIP 2024 pada Siswa Negri 02 Tambi Terkait Rangkaian Listrik Seri dan Pararel

Diperbarui: 13 Februari 2024   22:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pri

Tambi, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang (18/01/2023), Mahasiswa dari Tim I KKN Undip 2023/2024 melaksanakan sebuah kegiatan pelatihan intensif di SDN 02 Tambi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada siswa tentang rangkaian listrik.

Rangkaian listrik seri dan paralel merupakan dua konfigurasi yang umum digunakan dalam pembangunan sirkuit listrik. Kedua jenis rangkaian ini memiliki karakteristik yang berbeda dan memiliki aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan tertentu. Rangkaian listrik seri adalah suatu rangkaian listrik, dimana input suata komponen berasal dari output komponen lainnya.Sedangkan Rangkaian listrik paralel adalah suatu rangkaian listrik, dimana input semua komponen berasal dari sumber yang sama.

Pada Sesi Pelatihan materi pelatihan fokus pada konsep dasar rangkaian listrik seri dan paralel. Mahasiswa KKN menggunakan pendekatan yang interaktif dan berbasis demonstrasi untuk menjelaskan perbedaan antara kedua jenis rangkaian ini. Mereka memanfaatkan alat peraga sederhana seperti lampu dan baterai untuk memperjelas konsep-konsep tersebut.

dok. pri

Kegiatan Tersebut diakhiri dengan penyampaian alat peraga kepada siswa , serta modul yang terdapat di Modul Eksperimen Fisika SD diberikan kepada Guru SDN 02 Tambi atas partisipasi dalam pelatihan. Para mahasiswa  KKN Tim I juga memberikan saran kepada guru -guru SDN 02 Tambi tentang cara terbaik untuk terus mengembangkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep -- konsep listrik.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan pemahaman siswa tentang rangkaian listrik seri dan paralel dapat meningkat, serta kesadaran akan pentingnya keselamatan dalam menggunakan listrik dapat lebih tersebar luas di kalangan siswa.

Penulis : Muhammad Firman Naufal Asyraf -- 21060120140149 -- Teknik Elektro

Lokasi : Desa Tambi, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang

Dosen Pembimbing : Marwini, S.H.I.,M.S.I




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline