Lihat ke Halaman Asli

asyilla silvia rahmi

Asyilla adalah seorang Mahasiswa Universitas Pamulang yang aktif mengajar di Bimbel Laskar UI

Peran Perbankan dan UMKM Bengkel pada Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 9 November 2023   11:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Menurut saya, tantangan yang dihadapi oleh UMKM adalah akses terhadap modal dan teknologi. Oleh karena itu, peran bank dalam memberikan dukungan keuangan dan teknologi kepada UMKM sangat penting untuk memastikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif di Indonesia.

Perkembangan UMKM di Indonesia pasca pandemi Covid-19 banyak UMKM yang berhasil beradaptasi dengan kondisi baru dan memanfaatkan peluang yang ada, seperti dengan memperkuat kehadiran online dan berinovasi dalam produk dan layanan. Oleh karena itu, saya berpendapat bahwa perkembangan UMKM di Indonesia pasca Covid-19 dapat tetap positif jika dilakukan dengan strategi dan dukungan yang tepat.

Menurut saya, pengusaha UMKM bengkel tersebut dapat mengatasi masalah penurunan daya beli saat pandemi Covid-19 dengan beberapa cara, seperti:

1. Berinovasi dalam produk atau layanan bengkel untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pasar yang berubah.

2. Memperkuat kehadiran online dan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bengkel dan menjangkau konsumen potensial.

3. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas dengan melakukan pemangkasan biaya dan peningkatan kualitas layanan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline