Lihat ke Halaman Asli

Asyifa Rima

Mahasiswa

Tempat Paling Radioaktif di Bumi

Diperbarui: 13 Januari 2023   15:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Geiger counter adalah alat untuk mengukur tingkat radiasi pengion, alat ini tidak berbunyi saat dekat dengan ponsel, atau router Wi – Fi. Alat ini mengukur dalam satuan yang disebut sievert. Bahaya radiasi pengion dapat diukur dengan alat ini dengan radiasi yang melebihi 2 Sievert dapat menyebabkan kematian dalam waktu singkat. Ada beberapa radiasi pengion yang dapat ditemukan di lingkungan seperti pisang. Makan 1 pisang setara dengan 0,1 micomsieverts atau 1 per 10.000.000 saringan per jam.

  • Sydney

Ketika dia berada di sydney dengan tingkat radiasi pengionnya sebesar 0,15 microsieverts per jam. tetapi ada beberapa tempat yang memiliki tingkat radiasi pengion yang lebih tinggi. Pertama, Hiroshima, Jepang. Ketika dia berada di hiroshima, tingkat radiasi pengion yang diukur adalah 0,3 microsieverts per jam (diukur setelah 70 tahun kecelakaan bom nuklir).

  • Marie Curie

Di mana Marie Curie mendapatkan bahan mentahnya, di dalam tambang terukur 1,7 microseiverts per jam. Radium Institute, Paris adalah laboratorium milik Marie Curie yang telah memenangkan 2 Hadiah Nobel (dalam bidang fisika dan kimia). Di dalam ruang laboratorium terdapat beberapa barang yang masih bersifat radioaktif, antara lain alga pintu (1 microseiverts per jam) dan kursi belakang (1,5 microseiverts per jam).

  • Trinity Site, New Mexico

Tempat tersebut merupakan tempat uji coba bom nuklir pertama di dunia, tingkat radiasi di tempat ini adalah 0,8 microseiverts per jam. Tempat keempat adalah, Reaktor Nuklir Chernobyl, Ukraina. Di luar gedung, tingkat radiasi pengion yang terukur adalah 5 mikroseivert per jam. Dia sedang mengendarai mobil menuju Fukushima, tingkat radiasi pengion yang diukur adalah 1,55 microseiverts per jam dan terus bergerak naik (meningkat) mencapai > 10 microseiverts per jam (dalam mobil).

  • Rumah Sakit Pripyat, Ukraina

Tempat ini merupakan tempat terakhir bagi petugas pemadam kebakaran untuk menyelamatkan diri. Di luar pintu kamar rumah sakit, tingkat radiasi pengion diukur pada 500 microseiverts per jam dan di dalam ruangan (pada pakaian yang terkontaminasi) diukur 1.500 microseiverts per jam. Tapi, apa pun yang menerima lebih banyak radiasi, itu adalah perokok. Seorang perokok dapat menerima radiasi senilai 160.000 microseivert per jam setiap tahun. Ini lebih dari apa yang diterima masyarakat dari lingkungan sekitarnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline