Lihat ke Halaman Asli

Asyifa

Digital Advertiser

Asupan Makan Tercukupi Bantu Tingkatkan Tumbuh Kembang Anak

Diperbarui: 27 Desember 2023   15:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

gizidatshop.com

Asupan makan yang cukup dan nutrisi yang memadai sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Menurut Asmuni (1979:47) parameter untuk mengukur kemajuan pertumbuhan yang biasa dipergunakan ialah berat dan tinggi badan. Kalau tiap organ tubuh diukur beratnya, maka kemajuan atau pola pertumbuhannya akan berbeda-beda. 

Ada organ yang menunjukkan permulaan pertumbuhan sangat dini dan ada pula yang mulainya sangat terlambat. Demikian pula ada yang mempunyai pola yang sangat cepat sehingga dalam waktu pendek telah mencapai bentuk organ biasa, sedangkan yang lain pola pertumbuhannya sangat perlahan sehingga mencapai bentuknya yang dewasa pada umur yang sudah lanjut.

Pada umumnya, organ yang dalam kehidupan anak diperlukan sangat dini, akan mulai pertumbuhannya sangat dini pula dan berlangusng sangat cepat untuk mencapai bentuk dewasanya pada umur yang relatif masih muda. Organ jantung, paru dan otak/syaraf merupakan organ vital yang diperlukan tubuh pada umur sangat dini sudah dimulai sejak anak masih di dalam kandungan ibunya, dan organ-organ tersebut mencapai bentuk dewasanya pada umur anak yang relatif masih muda.

Salah satu pendekatan yang dapat diambil untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan cara memberikan beberapa aspek yang nutrisi yang di butuhkan pada tumbuh kembang anak. Berikut adalah beberapa aspek penting dari asupan nutrisi anak:

  • Protein

Penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh. Sumber protein termasuk daging, ikan, telur, susu, dan produk-produk kedelai.

  • Karbohidrat

Menyediakan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Pilih karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian utuh, buah-buahan, dan sayuran.

  • Lemak

Diperlukan untuk perkembangan otak dan sistem saraf. Pilih lemak sehat dari sumber seperti alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

  • Serat

Penting untuk pencernaan yang sehat. Buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh adalah sumber serat yang baik.

  • Kalsium

Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi. Produk susu, keju, dan sayuran berdaun hijau kaya kalsium.

  • Zat besi

Diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen. Daging merah, unggas, ikan, dan sumber zat besi nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian adalah pilihan yang baik.

  • Vitamin dan Mineral

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, vitamin dan mineral seperti vitamin A, D, C, E, K, dan kelompok B, serta mineral seperti zinc dan magnesium, penting untuk berbagai fungsi tubuh.

  • Air

Penting untuk menjaga hidrasi dan fungsi tubuh yang baik.

  • Asam Lemak Omega-3

Mendukung perkembangan otak dan penglihatan. Ikan berlemak seperti salmon adalah sumber yang baik.

Asupan makan yang tercukupi sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Nutrisi yang baik membantu memenuhi kebutuhan tubuh untuk energi, membangun dan memperbaiki jaringan, mengembangkan sistem kekebalan, dan mendukung fungsi organ-organ vital. Berikut adalah beberapa alasan mengapa asupan makan yang memadai sangat penting bagi anak:

  • Pertumbuhan Fisik

Nutrisi yang cukup mendukung pertumbuhan tulang, otot, dan organ-organ tubuh anak. Ini penting karena anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan yang pesat.

  • Perkembangan Otak

Nutrisi, terutama asam lemak omega-3 dan nutrien-nutrien tertentu, sangat penting untuk perkembangan otak. Asupan nutrisi yang baik dapat meningkatkan fungsi kognitif, konsentrasi, dan daya ingat.

  • Energi dan Aktivitas Fisik

Anak-anak memiliki tingkat aktivitas fisik yang tinggi, dan mereka memerlukan energi yang cukup untuk mendukung kegiatan harian, bermain, dan belajar.

  • Sistem Kekebalan Tubuh

Nutrisi yang baik memainkan peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Anak-anak yang mendapatkan nutrisi cukup lebih mampu melawan infeksi dan penyakit.

  • Pembentukan Kebiasaan Makan Sehat

Pola makan sehat yang diajarkan dan diperoleh sejak dini dapat membentuk kebiasaan makan sehat sepanjang hidup. Ini dapat mengurangi risiko penyakit kronis di masa dewasa.

  • Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium dan vitamin D dari makanan membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi yang kuat.

  • Mengurangi Risiko Kekurangan Gizi

Asupan nutrisi yang tidak mencukupi dapat menyebabkan kekurangan gizi, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan anak, termasuk pertumbuhan yang terhambat, gangguan kognitif, dan masalah kesehatan lainnya.

  • Pertahanan Terhadap Penyakit Kronis

Asupan makanan yang seimbang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung di kemudian hari.

  • Keseimbangan Nutrisi

Asupan makan yang seimbang memastikan bahwa anak mendapatkan semua jenis nutrisi yang diperlukan, termasuk vitamin, mineral, protein, karbohidrat, lemak, dan serat.

  • Kesehatan Mental dan Emosional

Pola makan yang baik juga dapat memainkan peran dalam kesehatan mental dan emosional anak, mempengaruhi mood dan tingkat energi mereka.

Multivitamin dapat menjadi alat yang bermanfaat dalam upaya meningkatkan nafsu makan anak, terutama ketika diimbangi dengan gaya hidup sehat. Selain meningkatkan nafsu makan, multivitamin juga mampu meningkatkan asupan  nutrisi dan gizi pada anak. Dengan perawatan  dan mengkonsumsi dengan tepat, multivitamin dapat menjadi bagian dari pendekatan holistik untuk memastikan anak tumbuh kembang dengan optimal.

Multivitamin Madu Gizidat

Multivitamin Madu Gizidat merupakan multivitamin herbal dengan perpaduan bahan alami seperti madu hutan, ikan sidat (unagi), dan temulawak yang berfungsi untuk membantu dan mengatasi anak tidak nafsu makan sehingga terbebas dari tumbuh kembang anak terlambat serta gizi buruk. Produk sudah terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi BPOM TR193627671 dan Halal MUI dengan nomor registrasi Halal MUI ID33110000269720422

Manfaat Produk:

  • Meningkatkan Nafsu Makan
  • Atasi GTM (Gerakan Tutup Mulut)
  • Menaikan Berat Badan
  • Atasi Terlambat / Tidak Lancar Bicara
  • Atasi Pertumbuhan Terlambat (Stunting)
  • Menigkatkan Kecerdasan Otak
  • Meningkatkan Perkembangan Motorik
  • Memenuhi Kebutuhan  Nutrisi & Gizi Anak

Penting banget diingat bahwa kebutuhan nutrisi dan gizi anak merupakan investasi masa depan. Hal tersebut karena bila sejak dini nutrisi dan gizinya terpenuhi maka mada masa pertumbuhan anak dapat tumbuh dengan normal dan sehat. Jangan biarkan anak susauh makan mempengaruhi tumbuh kembang anak anda ya, untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website gizidatshop.com.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline