Lihat ke Halaman Asli

Asyharudin

Sebagai Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi

Gerakan Bersih Masjid dalam Rangka Menghadapi Era New Normal di Masjid Jami Nurul Huda

Diperbarui: 1 Juni 2022   00:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Jakarta, Mei 2022. Pada umumnya, Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa, baik dalam bentuk penyaluran ilmu ataupun tenaga. Universitas Nusa Mandiri merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang mewajibkan mahasiswa untuk melakukan kegiatan KKN. Dalam kurikulum Universitas Nusa Mandiri, KKN ditujukan untuk mahasiswa semester VII (tujuh) dan berlaku untuk semua program studi dengan seorang dosen yang bertindak sebagai pembina.

KKN dapat dilakukan secara daring ataupun luring. Mahasiswa terjun langsung ke masyarakat yang menjadi sasaran untuk melihat lebih dalam permasalahan yang mereka hadapi dan kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk nantinya diberikan solusi dalam bentuk KKN itu sendiri.

Mahasiwa Universitas Nusa Mandiri yang terdiri dari Asyharudin, Vena Darsinthya, Yudha Tri Putra, dan Efrian Maryansyah dengan dosen pembina yakni Ibu Yuni Eka Achyani memilih melakukan pengabdian masyarakat ke Masjid Nurul Huda sebagai bentuk kegiatan KKN mereka. Mereka melakukan kegiatan membersihkan masjid secara keseluruhan dalam rangka menyambut era new normal. Mulai dari menyapu, membersihkan lantai, membersihkan kaca, sampai dengan membersihkan tempat wudhu. Mereka juga membersihkan dan menjemur karpet masjid. Pada akhir kegiatan, mereka memberikan sumbangan untuk pembangunan masjid.

Suryadi, selaku DKM Masjid Nurul Huda sangat mengapresiasi kegiatan KKN ini. Karena menurutnya, kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan rasa peduli sosial kepada masyarakat terutama dikalangan mahasiswa yang merupakan generasi penerus bangsa.

Harapan dari kegiatan KKN ini adalah dapat menumbuhkan rasa kepedulian dan empati mahasiswa terhadap masyarakat, dan dapat menanamkan nilai kepribadian serta dapat berkontribusi dalam aktivitas masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline