Lihat ke Halaman Asli

Waktu Terbaik untuk Muroja'ah

Diperbarui: 29 Desember 2022   20:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Muroja'ah adalah suatu hal yang mungkin berat bagi penghafal al-qur'an. Pada kenyataannya muroja'ah akan lebih  sulit daripada ziyadah hafalan ketika hafalannya memudar gara -- gara tidak meluangkan waktu untuk mengulang hafalan. 

Karena muroja'ah itu ibaratkan wasilah untuk menjaga hafalan - hafalan kita. Jika muroja'ah itu tidak ada maka hafalan pun tidak ada. Untuk itu luangkanlah waktu untuk muroja'ah hafalan meskipun kadang kita harus melawan rasa malas dalam diri kita. Lakukanlah step by step, mulai dari sehari satu halaman, satu hari dua halaman, satu hari tiga halaman, bahkan bisa saja satu hari satu juz jika kita memiliki niat dan tekad yang kuat untuk menjaga hafalan.

Kalo ditanya muroja'ah itu berat atau tidak? Pasti jawabannya berat.

Kenapa berat? karena waktu itu iman kita sedang turun. Dan kenapa turun? Jawabannya satu, yaitu kemaksiatan yang pernah kita perbuat. Jangan salah, kemaksiatan sangat berefek banyak terhadap pelakunya. Seperti; memberatkan pelakunya untuk beribadah, memberatkan pelakunya untuk membaca al-qur'an, memberatkan pelakunya untuk menghafal dan muroja'ah bahkan memberatkan pelakunya untuk mendekatkan diri kepada allah. Jadi jika ingin mudah muroja'ah jauhilah maksiat maka kamu akan menikmati nikmatnya muroja'ah. Harus diingat mrnghafal al-qur'an itu perlu di seriusin karena ia adalah jatuh cinta yang di sengaja.( Alabaits: 2022 )

Lalu, kapan waktu terbaik murojaah?
Kalian tahu kan The Avenger? Manusia super yang memiliki tugas menjaga keamanan dunia dari serangan monster luar angkasa. Kira -- kira kapan waktu terbaik mereka untuk menjaga keamanan dunia dari serangan musuh? Jawabannya pasti mereka harus terus menerus menyiapkan diri untuk menjaga keamanan dunia. Kalo kalian sebagai penghafal al-qur'an kapan waktu terbaik untuk menjaga hafalan? Jawabannya sama, kalian harus mengorbankan waktu, menyediakan waktu khusus untuk menjaga hafalan.

Ibaratnya begini  The Avenger memiliki jadwal untuk menjaga bumi itu bergantung pada mood, dan musuh menyerang saat mereka mager, kira -- kira kelabakan tidak untuk menjaga dunia dari musuh? Adapun para penghafal al-qur'an itu musuhnya adalah syetan, itu yang suka bisikin kalian buat scrolling ig, tiktok, main game, nonton drakor, dll. Itu lebih mengerikan dari musuh The Avenger. Jadi kalo ditanya kapan waktu terbaik muroja'ah, jawabannya semua waktu baik, tinggal kalian siapkan waktu itu untuk menjadi baik.

Mungkin bagi beberapa orang muroja'ah itu sulit, namun tanamkan dalam diri kita bahwa kita adalah seorang penghafal al-qur'an, ibaratkan hafalan kita itu sebagai barang yang sangat berharga karena di dapatkan dengan perjuangan dan pengorbanan. Perjuangan  melawan hawa nafsu, melawan rasa malas, mungkin juga melawan rasa ngantuk ketika menghafal, atau bahkan mungkin mengorbankan waktu main kalian bersama teman, waktu tidur siang, waktu santai kalian. Namun jangan khawatir semua itu akan terbayarkan dengan ganjaran yang diberikan allah nanti di akhirat atau bahkan mungkin ada yang sudah allah tunjukan didunia bagaimana keberkahan bagi orang penghafal al-qur'an.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline