Lihat ke Halaman Asli

Latar Belakang di Balik Puisi "Ketika Senjaku Tiba"

Diperbarui: 17 Juni 2024   21:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi ayah penulis ketika masih sehat, dan selalu penuh semangat. (sumber gambar: dokpri/Asyer)

Ketika menjelang sore hari, jika tidak hujan, penulis dan ayah sering duduk bersama di depan rumah penulis, sembari melakukan terapi di bagian tubuhnya yang terkena serangan stroke.

Setelah melakukan beberapa bagian yang diterapi, beliau melanjutkan untuk mencoba berjalan di depan rumah sampai depan gang sambil melatih otot kaki, kegiatan ini selalu didampingi oleh penulis dalam pelaksanaannya.

Dalam usianya yang sudah tidak muda lagi, yang sudah lanjut dan kebanyakan orang mengatakan mendekati usia senja.

Dalam kehidupan, momen-momen sederhana seperti ini sering kali menyimpan makna yang dalam. Puisi "Ketika Senjaku Tiba" terinspirasi dari momen-momen yang penulis habiskan bersama ayah selama beliau sakit di rumah penulis.

Sembari mendampingi ayah menjalani sesi terapi fisik yang penulis lakukan sendiri, kami sering berbincang tentang banyak hal tentang kehidupan yang ia jalani.

Beliau selalu mengingat beberapa momen ketika kami berbincang, kenangan dari masa kecilnya hingga masa tuanya saat ini terkadang kembali terlintas.

Ayah sering bercerita tentang masa-masa sulit dan penuh tantangan, serta bagaimana penyertaan Tuhan selalu hadir di setiap langkah hidupnya.

Kenangan ini tidak hanya mengingatkannya akan kebesaran Tuhan, tetapi juga mengajarkan betapa pentingnya bersyukur dalam segala keadaan.

Saat ini beliau mendekati usia 70 tahun, meskipun usia ayah sudah memasuki usia 'senja' dan fisiknya tidak sekuat dulu, tetapi semangatnya tetap membara.

Setiap kata yang diucapkannya penuh dengan kehangatan dan kebijaksanaan, seolah-olah usianya hanyalah angka dan bukan batasan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline