Lihat ke Halaman Asli

Dipanggil "Abang," Berarti Terlihat Awet Muda

Diperbarui: 12 Juni 2024   20:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto penulis lari di treadmill. (Sumber gambar: dokpri/Asyer)

Bang, bagaimana menggunakan alat ini?

Penulis terkejut mendengar pertanyaan ini di arahkan kepada penulis, yang keluar dari mulut seorang anak usia sekolah menengah di tempat GYM. Langsung terbesit dalam benak penulis: "berarti saya awet muda." Haaaa

Pernahkah teman-teman kompasiana mendengar tentang seseorang yang dipanggil "abang" oleh teman-teman sebayanya, meskipun usianya sudah jauh melewati masa muda?

Fenomena ini sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, di mana seseorang tampak jauh lebih muda dari usia sebenarnya.

Rupanya, salah satu kunci untuk meraih penampilan yang awet muda ini adalah melalui olahraga dan pembentukan otot. Ini dari beberapa referensi yang penulis pernah baca dari artikel olahraga.

Manfaat Olahraga untuk Kulit

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk kulit. Berolahraga dapat membantu mengurangi keriput di kulit, ini salah satu dampak baik dari berolahraga.

Ketika kita berolahraga, aliran darah meningkat, yang berarti lebih banyak oksigen dan nutrisi yang dibawa ke sel-sel kulit. Ini membantu memperbaiki kerusakan kulit dan menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Berjalan kaki dan berlari adalah dua bentuk olahraga sederhana yang dapat dilakukan oleh siapa saja, tanpa memerlukan peralatan khusus atau keanggotaan di tempat GYM.

Dengan rutin berjalan kaki atau berlari, kita tidak hanya menjaga kebugaran tubuh tetapi juga membantu menjaga elastisitas dan kelembapan kulit.

Pembentukan Otot untuk Mengurangi Keriput

Selain berjalan kaki dan berlari, pembentukan otot juga sangat penting dalam menjaga penampilan awet muda. Pembentukan otot tidak hanya membuat tubuh terlihat lebih kencang dan bugar, tetapi juga membantu mengurangi tampilan keriput pada kulit.

Ketika otot-otot tubuh terbentuk dengan baik, kulit akan tampak lebih kencang dan kenyal karena otot memberikan dukungan yang baik pada kulit.

Latihan kekuatan seperti angkat beban, dan pilates, dapat membantu dalam pembentukan otot. Latihan-latihan ini tidak hanya memperkuat otot tetapi juga meningkatkan postur tubuh, yang pada gilirannya dapat memberikan penampilan yang lebih muda dan energik.

Tips Memulai Rutinitas Olahraga

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline