Lihat ke Halaman Asli

Pelatihan Animasi Flash dan 3D FTI Festival Universitas YARSI

Diperbarui: 24 Juni 2015   14:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pelatihan Animasi Flash dan 3D (Tiga Dimensi) pada 27 April 2013  berlangsung sangat meriah. Pengertian dari Animasi Flash dan 3D adalah gambar bergerak yang terdiri dari kumpulan objek yang disusun secara beraturan dengan menggunakan aplikasi Flash atau aplikasi pembangun gambar tiga dimensi. Pelatihan ini merupakandua dari 11 rangkaian kegiatanyang dikemas dengan temaFTI Festival 2013”. Semua kegiatan didukung oleh personel Senat Mahasiswa, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas YARSI. Rangkaian acara dibagi dalam beberapa sub-kegiatan:  Pelatihan, Seminar & Open House, Perlombaan dan try-out Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ternyata dua kegiatan tersebut di atas telah berhasil menyedot perhatian kalangan pelajar sekolah menengah atas hingga mahasiswa. Sebanyak 60 orang peserta hadir pada acara ini.

Pelatihan pertama dimulai pukul 09.00 WIB. Materi pelatihan diawali dengan topik Animasi 3D. Pelatihan mengambil tempat di dua laboratorium, yaitu Laboratorium Manajemen Data dan Informasi (MDI) &Laboratorium Komputasional Cerdas (KC). Bertindak sebagai instruktur Bapak Elan Suherlan,  yang sekaligus  merangkap sebagai penanggung jawab.Acara ini  didukung oleh empat orang asisten yang memandu para peserta pelatihan. Pelatihan 3D berlangsung selama 180 menit dan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Kemudian acara dilanjutkan dengan istirahat, sholat dan makan siang bersama.

Acara pelatihan ke dua dimulai pada pukul 13.00 WIB. Topik pelatihan yang diberikan adalah Animasi Flash. Dua instruktur Puji Aswari dan Ferryna Greebe memberikan materi pelatihan yang berlangsung selama 180 menit. Demikian juga dengan pelatihan sebelumnya, empat orang asisten ikut membantu kegiatan pelatihan antara lain membimbing para siswa peserta pelatihan dalam menggunakan software Adobe Flash CS3. Softwareini merupakan aplikasi pendukung untuk desain animasi.

Acara FTI Festival yang direncanakan berlangsung selama satu bulan ini, selain bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa di bidang desain dan animasi, juga untuk meyakinkan kepada para siswa bahwa Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI merupakan tempat yang tepat bagi mereka untuk melanjutkan pendidikan di bidang Teknologi dan Informasi.

Peserta yang yang hadir pada kegiatan pelatihan ini sebagian besar adalah pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA). Sebagian dari mereka mengakui bahwa acara pelatihan yang mereka ikuti sangat bermanfaatdan beberapa siswa yang hadir berminat untuk mempelajari lebih lanjut materi pelatihan yang diberikan. Sementara peserta lainnya mengaku cukup tertarik dengan Universitas YARSI dan mereka ingin mendaftar di Fakultas Teknologi Informasi setelah lulus dari Ujian Nasional. Tidak hanya siswa SLTA, mahasiswapun tertarik. Hasan, salah seorang peserta adalah mahasiswa Universitas Gunadarma yang masih duduk di tingkat empat. Dia mengakui bahwa materi pelatihan 3D dan animasi yang telah dia peroleh sangat berguna sebagai bahan dalam pembuatan skripsinya. “Saya datang ke acara pelatihan ini karena adik kelas saya di SMA yang sama, memberi informasi bahwa bahwa akan ada pelatihan animasi Flash dan 3D. Begitu mendengar mendapatkan informasi tersebut, Saya segera berangkat dari Depok untuk ikut pelatihan”. Ujar Hasan kepada penulis.

Acara ini merupakan dua kegiatan dari rangkaian acara FTI Festival lanjutan. Masih ada lagi acara yang lebih seru, lebih menarik, serta lebih bermanfaat. Oleh karena itu, simak terus info tentang FTI Festival 2013 di http://fti.yarsi.ac.id. Kami tunggu kedatangan Anda! ^^



Cempaka Putih, Jakarta Pusat, 01 Mei 2013.

Editor: Fuady Munir, Pranajaya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline