Lihat ke Halaman Asli

Kesadaran Diri dalam Bekerja

Diperbarui: 27 Oktober 2024   15:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

diinput dari dokumen pribadi

                                                                                                 

             Bekerja merupakan kegiatan rutinitas dalam kehidupan sehari-hari. Untuk melanjutkan hidup berbagai warna dalam kehidupan yang saling berdampingan. Dalam rutinitas bekerja memerlukan kemampuan untuk mengenali diri sendiri dan orang lain dalam lingkungan kerja.

            Kesadaran diri menurut (Lisytowati 2008) adalah kondisi diri seseorang memahami diri sendiri dengan sebaik baiknya dengan kesadaran pikiran. Kemudian menurut Abraham  Maslow dalam teori Humanistik  kesadaran diri merupakan bagaimana kita dapat paham pada diri kita, keterampilan atau kelebihan yang di miliki, cara apa yang seharusnya dapat lakukan serta perkembangan kearah mana yang kita tuju. Kesadaran diri merupakan cara dalam menyadari diri sendiri dalam mengolah rasa pikiran, perasaan, emosi yang saling berdampingan dalam diri pribadi. Kesadaran diri dalam bekerja adalah mereka yang mampu beradaptasi dan berdamai dengan diri,orang lain dan lingkungan dalam satu lingkup.

            Dalam jangka waktu yang lama seseorang yang mampu menekan rasa ego dan mampu menyelaraskan sifat, watak, pikiran orang lain dan mampu menjadi pribadi yang baik dari cara pandang diri sendiri dan orang lain yang mampu bekerja sama secara terus menerus untuk tujan dan kesepakatan dalam lingkungan kerjaan. Dalam olah rasa dan pengendalian emosi diri akan membuat seseorang menjadi pribadi yang santun dalam bekarja,dan mampu mengenali kemampuan diri sendiri dalam pekerjaanya.

            Kesadaran diri seseorang dalam lingkungan kerja merupakan suatu hakiki dari dalam diri seseorang untuk menyelaraskan individu atau kelompok yang tergabung dalam lingkungan kerja untuk menyeimbangkan dan memahami watak dan sifat,cara pandang diri seseorang ini akan menghasilkan penyelarasan keseimbangan yang positif. 

                                        

              Kesadaran diri dalam bekerja merupakan modal untuk meningkatkan kualitas diri dan kesuksesan dalam kehidupan. Pentingnya minat dan bakat juga sangat menentukan karir dalam diri seseorang dan dapat menggali minat dan bakat diri seseorang untuk dapat mengeksplor kemampuan yang terpendam.

            Kesadaran diri dalam bekerja dapat menumbuhkan rasa kasih sayang sehinga tumbuhlah rasa kepercayaan dari lingkungan di mana kita bekerja, kasih sayang dan kepercayaan kita dapat peroleh dengan kita memperlakukan dengan cara mengasihi ,menyayangi, memberi perhatian.

         Adapun manfaat pengendalian emosi dalam bekerja, diantaranya:

  • Menjaga hubungan interaksi yang harmonis
  • Membuat kita lebih memahami diri kita sendiri di lingkungan tempat bekerja
  • Membuat hati dan pikiran tenang dalam pengambilan keputusan
  • Mencegah terjadinya konflik dalam lingkungan bekerja
  • Lebih memahami dan menghargai rekan teman di lingkungan bekerja
  • Membuat rasa nyaman dalam bekerja
  • Meningkatkan kualitas diri seseorang dalam pekerjaan

diinput dari dokumen pribadi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline