Lihat ke Halaman Asli

Astuti Kh

communication public relations 19

Pengalaman Menggunakan Media Konvensional dan Media Baru dalam Berkomunikasi

Diperbarui: 4 April 2021   13:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Menurut yang saya ketahui dalam media itu sebagai perantara untuk mencari atau mengetahui sebuah informasi. Di zaman sekarang yang sudah canggih ini sangat penting menggunakan media dalam penyampaian suatu informasi. Karena dengan media informasi dapat di ambil dengan baik, di suatu tempat yang efesien, mengenal bahwa dalam sebuah ikatan suatu hubungan sangat perlu sekali untuk adanya penyampaian informasi yang baik. Digunakan langsung dalam sebuah hubungan yang sehat sehingga dapat lebih meminimalisir dan tidak akan menimbulkan salahpaham. 

Saya Mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta prodi Ilmu Komunikasi ingin menceritakan pengalaman saya sendiri dalam menggunakan media konvensional dan media baru dan perbedaan yang mencolok diantara kedua itu selama bermain sosial media.

Informasi merupakan suatu yang sangat penting bagi diri sendiri maupun masyarakat di zaman modern saat ini. Bahkan, informasi telah menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Dapat dikatakan bahwa informasi menjadi instrumen penting bagi masyarakat industri. Supaya yang dilakukan kebutuhan informasi tersebut dapat terpenuhi, digunakanlah media massa sebagai alat untuk memperoleh informasi. 

Menurut saya media massa itu perpanjangan alat indera kita, dengan media massa kita memperoleh informasi tentang benda, orang atau tempat yang tidak dialami secara langsung. 

Dalam arti media massa merupakan penyebar informasi kepada masyarakat mengenai segala sesuatu yang sedang terjadi. Salah satu bentuk media cetak adalah surat kabar. Surat kabar merupakan media massa yang paling tua dibandingkan dengan jenis media massa lainnya. 

Perbedaan antara media konvensional dan media baru, kalau media konvensional masih merupakan media yang berupa cetak, media konvensional merupakan media yang masih lambat mengantarkan informasi, media konvensional juga terdapat gatekeeper, lebih lama memberikan feedback atau respon, media konvensional juga tidak membutuhkan jaringan internet sebagai pendukungnya.

Sedangkan kalau media baru itu merupakan media online yang sudah modern, media online merupakan media yang sudah cepat dalam penyampaian informasi, tidak terdapat gatekeeper, media online juga mendapatkan respon yang sangat cepat, membutuhkan internet sebagai media pendukung.

Seiring dengan perkembangan teknologi dewasa ini, media massa terus berkembang hingga memunculkan adanya media baru, seperti internet. Adanya persaingan media dan pergeseran gaya hidup menimbulkan persoalan terhadap eksistensi surat kabar. Pengguna media cetak perlahan mulai beralih ke media elektronik meningkatnya penggunaan perangkat mobile, berupa handphone maupun tablet serta jaringan Wi-Fi. 

Banyak perhatian yang diberikan pada munculnya internet sebagai media berita yang baru, hal ini termasuk gagasan bahwa kita akan memiliki akses berita yang lebih beragam dan relevan secara pribadi, bahwa kita akan memiliki akses kepada berita global, dan bahwa kita dapat menginterogasi sendiri sumber beritanya dan belajar lebih banyak melalui interaksi. Berita merupakan sajian yang ada pada media massa. Hal yang mendorong orang untuk mencari berita adalah kemampuan berita untuk memberikan informasi. Berita yang menarik dan bermanfaat akan memberikan kepuasan bagi orang yang mengkonsumsinya dan memungkinkan akan menurunkan tingkat ketidakpastian. Masyarakat pada dasarnya akan memilih media atas dasar pertimbangan yaitu bagaimana keuntungan yang didapatkan dan usaha apa yang harus dilakukan. Sifat-sifat atau pun karakteristik media massa yang meliputi kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh media menjadi alasan mengapa seseorang menyukai lantas menggunakan media tersebut, walaupun pada kenyataannya orang tidak cukup hanya mengkonsumsi satu media saja untuk memperoleh banyak informasi. 

Surat kabar tidak dapat digantikan dengan media online. Surat kabar masih menjadi salah satu medium massa utama bagi orang untuk memperoleh berita. Industri surat kabar mengungguli media berita lain di hampir segala aspek. Di sebagian besar komunitas, surat kabar meliput berita secara lebih mendalam ketimbang media saingannya. 

Surat kabar mengandung isi yang amat beragam berita, saran, komik, opini, teka-teki silang, dan data. Itu memperkuat popularitas dan pengaruh surat kabar. Namun proses pencetakan surat kabar memerlukan beberapa tahapan sehingga proses produksinya membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline