Lihat ke Halaman Asli

Astri Novianingrum

Ruang belajar

Sahur Keliling Lintas Iman

Diperbarui: 22 Mei 2019   23:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Senin, 20 Mei 2019 kemarin telah berlangsung sahur keliling lintas iman bersama Ibu Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid di Klenteng Poncowinatan Jetis Yogyakarta. Sahur ini diselenggarakan dengan dana patungan dari beberapa lembaga maupun komunitas. Kegiatan sahur keliling lintas iman merupakan salah satu agenda rutin tahunan yang dilakukan oleh Ibu Shinta. Keberagaman dalam sahur ini terlihat dari keragaman masyarakat yang hadir.

Peserta dari sahur keliling ini terdiri dari suku dan etnik yang berbeda yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia. Kegiatan ini dimulai dari pukul 02.00 hingga pukul 05.00 WIB.

Acara dimulai dengan lantunan bacaan Al-Quran, sambutan dari ketua panitia yaitu Agnes Dwi Rusjiyati, Koordinator Aliansi Nasional Bhineka Tunggal Ika Sekda DIY yang mengangkat tema "Dengan Puasa Kita Padamkan Ujaran Kebencian dan Hoaks".

Usai sambutan dari ketua panitia, dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi dan dilanjutkan oleh Ibu Shinta Nuriyah. Usai sahur bersama, Ibu Shinta menyerukan pentingnya meningkatkan keimanan, toleransi dan persaudaraan antar masyarakat di Indonesia.

Acara di akhiri dengan melantunkan shalawat I'tiraf (Ilahilas Tulil) sebagaimana yang dulu sering dilakukan Gus Dur ketika mengakhiri pengajiannya. Semoga bangsa ini selalu mendapat perlindungan dari-Nya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline