Lihat ke Halaman Asli

Penjelasan Singkat dari Mahasiswi LSPR tentang Media Strategic Planning

Diperbarui: 9 Mei 2017   11:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Hallo , nama saya Astrid Terania , saya kini melanjutkan study saya di London School of Public Relation. Di sana saya memilih major marketing communication, salah satu pelajaran yang saya pelajari adalah Media strategic planning. Dosen yang mengajar saya adalah ibu Ira Latief , dia juga seorang penulis buku dan orang kreatif di Jakarta. Disini saya belajar bagaimana kita memasarkan produk lewat media online yaitu dengan cara Strategi media Planning. Strategic media planning adalah cara yang paling efektif dan media untuk menyampaikan pesan kepada target audience. Ada 4 proses media planning , Process nya yang pertama Market , kita harus menganalisa pasar dan tau wawasan nya tentang pasar tersebut. Kedua adalah Establishing , kita harus menetapkan media objective .Ketiga  Development, perkembangan strategi media dan implementasina , dan terakhir adalah Maintanance , Cara memaintain evalusi dan follow up.

Karna sekarang adalah zaman modern yang semua orang mempunyai gadget dan mempunyai social media . Jadi social media ini adalah new media strategy , biasanya kita mengcampaign brand kita bias melalui community , social media , dan bloggers. Blog adalah website yang isinya tulisan-tullisan yang mengandung banyak tema , bisa dari pengalaman , opinion , observasi , dan sering di sertai dengan foto , video , atau link website lainya . Social media ada berbagai macam di dalam nya yaitu instagram, twitter, youtube , facebook , dll . Kalau community itu biasa berasal dari interest atau hobby , profesi nya , atau regional. Influencer yang bisa kita lihat sekarang contohnya seperti , Reza oktovian , Cindercella , Raza pahlevi , Abel cantika dan masih banyak lagi

Kenapa melalu itu ? Karna dari user sendiri adalah ia bias melihat refrensi dar banyak orang di sana , informasi yang dia dapatkan juga lebih mudah , dia juga bias memiliki personal experience dari social media tersebut , dia juga bisa pilih barang yang dia mau beli atau yag dia mu jual , dia juga dapat community support dari brand tersebut .Siapa saja yang ada di dalam New Mendia strategy ini , pastinya ada Band nya sendiri, Company , dan institusion . di dalam sana terdapat social media activist, PR agency , consultant , community relation, social media strategist , social media squad , blogger, influencer , content creator , and key opinion leader.

New strategic media ini bisa di lihat atau di gunakan di mana saja , karna melalui gadget yang kita bawa setiap harinya. Kita juga bisa menggunkan nya kapan saja tidak ada batas untuk melihat dan menge-post di social media ini . Di new strategic media ini strategi yang kita butuh kan adalah pertama , kreatif , originality , kanpa harus original ? karna kita harus mempunya ciri khas dan lebih baik kalau beda dari yang lain , akan terlihat unik dan tidak pasaran. Kita juga harus detail , critical , positive relation , dan harus punya work ethic . Yang dapat mendukung di social media kita bida menggunaka hashtag (#) , mention (@....) , dan tagging. Agar orang bisa notice dengan produk yang kita jual or kita mau beli.

Ibu Ira pernah memberikan tugas kepada kita untuk mengendorse produk kita sendiri di social media , boleh dri youtube , instagram , facebook , ataupun twitter. Tugas ini tugas kelomk , saying dan team saya menjual produk teman saya yaitu hijab dan prasminah. Disini kita juga harus melihat targer market kita , yaitu wanita muslim yang berhijab. Jadi kita meng endorse produk kita ke influencer yang berhijab juga . kita mengendorse empat instagram influencres di Indonesia yaitu Inayustian_ dia memiliki 90.2k followers , Zsalsadil dia memiliki 307K followers , Irlitalmaida dia memiliki 57,6k followers ,dan  Agipalaydrus dia memiliki 226K followers. Produk hijab kami sendiri mempunyai brand , yaitu whohijab , di instagram followers yang sudah tercapai adalah 30.6 K .

Ibu Ira pernah mendatang guests di kelas kita . Ada 2 guests yang bernama Ibu Wardah dan Ibu elisa . Ibu wardah ini menjelaskan tentang new media strategy dimana juga memberi tahu kepada kita jobdesk yang sangat di inginkan dari creative company . kalau ibu elisa , dia adalah penulis di blog jadi dia adalah blogger yang dimana dia sangat enjoy dengan pekerjaan nya . dia juga mempunyai komunitas yang bernama blogger cihuy. Ibu elisa ini menjelaskan kepada saya dan teman- teman tentang blog dan alas an memilih social media .

Jadi alas an memilih social media yang di beritahu kepada kita adalah  yang pertama , social media itu relative murah , kedua social media itu media global yang bisa kita jangkau sangat luas , ketiga kita bisa update dengan cepat dan murah , keempat kita bisa menjelaskan secara panjang lebar dan detail tanpa ada batasan , terakhir lebih interatif dari meida pasif. Social Media ini memang sangat efektif untuk beriklan , berjualan , promosi dan men- sharing pengalaman- pengalaman personal ataupun group.

Okay deh sampai sini saja cerita saya .. semoga apa yang saya ceritakan bisa menjadi manfaat untuk kamu yang membaca sekarang . thankyou  :)

*NOTED*

"Harap jangan di Hapus , ini tidak mencopy paste ! ini saya ketik sendiri di word dan ini tugas UJIAN MIDTEST dari Ibu Ira Latief . jadi tolong partisipasinya . Thanks "

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline