Lihat ke Halaman Asli

Astrid Nadia Alimah

Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Sebelas Maret Surakarta

RPP Luas Permukaan dan Volume Tabung Matematika Kelas VIII

Diperbarui: 18 Desember 2023   01:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Modul Ajar Luas Permukaan dan Volume Tabung

PENGGUNAAN ALAT UKUR

Fase D (VIII) Semester I (Ganjil)

INFORMASI UMUM

A. Identitas Modul

  • Nama Penyusun              : Astrid Nadia Alimah
  • Nama Sekolah                  : SMPN 2 TASIKMADU
  • Tahun Penyusunan         : 2023
  • Jenjang Sekolah               : SMP
  • Alokasi Waktu                  : 6 Jam Pelajaran (3 Pertemuan)
  • Elemen                                : Pengukuran
  • Capaian pembelajaran:
  • Di akhir fase D peserta didik dapat menjelaskan cara untuk menentukan luas lingkaran dan menyelesaikan masalah yang terkait. Mereka dapat menjelaskan cara untuk menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang (tabung, bola, dan kerucut) dan menyelesaikan masalah yang terkait. Mereka dapat menjelaskan pengaruh perubahan secara proporsional dari bangun datar dan bangun ruang terhadap ukuran panjang, besar sudut, luas, dan/atau volume.

B. Kompetensi Awal

  • Peserta didik telah memiliki pengetahuan awal tentang:
  • Memahami pengukuran bangun datar.

C. Profil Pelajar Pancasila

  • Setelah mengikuti pembelajaran ini, Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan muncul pada peserta didik adalah:
  • Mandiri, ditunjukkan dengan memiliki prakarsa untuk mengembangkan diri dan tidak tergantung pada orang lain.
  • Kreatif, ditunjukkan dengan keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan.
  • Bernalar kritis, ditunjukkan dengan memproses, mengolah, menganalisis, dan merefleksi pemikirannya sendiri.

D. Sarana & Prasarana

  • Sarana & Prasarana yang dibutuhkan pada saat belajar dengan modul ini antara lain:
  • Laptop/LCD Proyektor
  • Perangkat komputer/Laptop/HP
  • Internet
  • Modul Ajar
  • Classroom
  • Alat tulis
  • Laboratorium Komputer

E. Target Peserta Didik

  • Peserta didik reguler

F. Model Pembelajaran yang Digunakan

  • Pembelajaran dengan Problem Base Learning (PBL)

KOMPONEN INTI

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline