Lihat ke Halaman Asli

Astrid Chandra

Content Writer

Pahami Perbedaan 2 Jenis Sistem Pemungutan Pajak Penghasilan di Indonesia

Diperbarui: 8 September 2021   13:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PPh Final dan Tidak Final (dokpri)

Warga negara Indonesia wajib mengenal "Pajak Penghasilan" yang dikenakan oleh pemerintah. Pajak Penghasilan (PPh) merupakan pajak yang dikenakan terhadap penghasilan yang didapatkan oleh Wajib Pajak Orang Pribadi dan Badan. Untuk sistem pemungutannya sendiri terbagi menjadi 2 sistem yakni PPh final Pasal 4 ayat 2 dan PPh tidak final. Apa saja penjelasan dan perbedaannya?

Melansir dari Konsultanku, PPh Final atau PPh Pasal 4 ayat 2 dikenakan langsung ke segala bentuk penghasilan yang telah didapatkan dalam 1 tahun. Pajak ini tidak memasukkan pengitungan PPh terutang karena, sesuai namanya, sudah bersifat final. Selain itu juga tidak dapat dikreditkan ke dalam PPh terutang. Karena sudah final maka penghasilannya tidak akan dihitung lagi dalam SPT atau Surat Pemberitahuan Tahunan. Hal ini berbeda dari PPh tidak final.

Lalu apa perbedaan antara PPh Final dengan PPh tidak final? Secara garis besar perbedaan keduanya terletak pada pengenaan SPT tahunan. Pada PPh final, seperti yang telah dijelaskan di atas, tarif pelunasannya tidak dikenakan SPT sedangkan pada PPh tidak final dikenakan SPT Tahunan. Jika dilihat dari sistem penghitungan, PPh final dilakukan secara langsung dan tidak dikaitkan dengan perhitungan PPh lainnya. Sedangkan penghitungan PPh tidak final dilakukan tidak langsung.

Selain sistem penghitungannya, perbedaan juga terdapat pada waktu laporan dan penyetoran pajak. Mengutip dari Kementerian Keuangan, untuk PPh final waktu penyetorannya ditinjau dari jumlah pajak yang dipotong oleh pihak yang bersangkutan. Setelah dipotong nantinya setoran ini akan dikreditkan saat SPT Tahunan. Sedangkan untuk PPh tidak final mengutamakan kewajiban yang bisa dibayarkan secara tunai saat menyetorkan laporan SPT Tahunan.

Pemahaman mengenai PPh final dan tidak final dapat membantu kita untuk melihat apakah pajak penghasilan kita akan dikreditka atau tidak saat SPT Tahunan. Selain itu kita juga menjadi tahu kapan waktu ditentukan untuk melakukan penyetoran dan pelaporan Pajak Penghasilan. Semoga bermanfaat!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline