Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN-T UNIPMA Kelompok 34 Mengadakan Sosialisasi Pengembangan dan Inovasi Produk UMKM Dusun Sabet

Diperbarui: 16 Januari 2024   11:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kknt kel 34 unipma, dok. pribadi

Tim Kuliah Kerja Nyata (KKNT) Universitas PGRI Madiun Kelompok 34 menyelenggarakan sosialisasi bertempat di Desa Sumberejo, Balong, Ponorogo (tepatnya di dusun sabet). Kegiatan ini ditujukan untuk pengembangan usaha masyarakat serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sana.

Program yang bertajuk "Sosialisasi Pengembangan dan inovasi Produk UMKM" dilaksanakan dengan pemateri Dosen UNIPMA yaitu Bapak Dr. Rizal Ula Ananta Fauzi, S.E., M.M. Dalam pemaparannya beliau menjelaskan dan membimbing para pengusaha UMKM agar dapat meningkatkan penjualan produk melalui branding dan teknik pemasaran yang baik. Sosialisasi Pengembangan Produk UMKM dilaksanakan pada Senin (08/01/2024). Ilmu yang didapat bermanfaat tidak hanya bagi UMKM, tetapi juga karang taruna, dan juga warga desa Sumberejo sendiri.

"Sosialisasi ini berisi tentang pentingnya branding, cara membangun branding yang baik, unsur-unsur branding," ujar Bapak Rizal Ula.

Terdapat berbagai macam permasalahan dalam pengembangan usaha, khususnya UMKM. Seperti produk yang kurang dikenal ataupun target penjualan yang salah, serta ada permasalahan mengenai rebranding dan packaging. Dusun Sabet memiliki potensi besar terkait UMKM dan pengembangan untuk produk lokal desa. Dengan adanya sosialisasi terkait branding dan pemasaran, pelaku UMKM semakin sadar akan pentingnya branding produk dan luasnya pemasaran untuk kemajuan usaha yang didirikan.

Dari sosialisasi yang telah dijalankan, banyak respon positif yang diberikan. Banyak pengusaha UMKM yang kemudian memahami pentingnya branding melalui label yang dapat memperkenalkan produk dengan ciri khas khusus, kemudian pengemasan yang menarik, serta dengan memperkenalkan produk melalui marketplace . Hal tersebut dapat dilihat dari antusias pemilik UMKM yang sangat interaktif pada saat sesi pemaparan pentingnya branding dan pemasaran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline