Lihat ke Halaman Asli

Astri Asih Labibah

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Pesta Rakyat Desa Wangunsari: Mahasiswa KKN UPI Turut Berpartisipasi Menjadi Panitia Penyelenggara

Diperbarui: 22 Agustus 2023   22:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bersama Kepala Desa Wangunsari/Dok pribadi

Ketika akan memasuki semester ganjil, seluruh mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia akan disibukkan dengan kegiatan KKN yang merupakan singkatan dari Kuliah Kerja Nyata. KKN ini merupakan program kegiatan yang perlu dilakukan oleh mahasiswa sebagai bentuk pembekalan pengalaman belajar langsung di masyarakat desa-desa yang telah ditentukan sebelumnya.

Adapun KKN kali ini yang dilakukan oleh mengusung tema Desa berbasis Sustainable Development Goals (SDG's) dan Stunting. Adapun pemilihan tema ini disesuaikan dengan kondisi wilayah desa yang menjadi tempat KKN. Wilayah Desa Wangunsari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat menjadi salah satu desa yang mengusung tema "SDG's".

Dari banyaknya sektor yang ada dalam SDG's. Kelompok kami memilih sektor pendidikan dan lingkungan yang dijadikan bahan sasaran peningkatan di desa karena kedua sektor tersebut dinilai masih terdapat kekurangan berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan sebelumnya. Adapun upaya yang dilakukan oleh kelompok kami adalah dengan melakukan sosialisasi kepada warga RW 06 Desa Wangunsari mengenai pembuatan pupuk kompos dari sisa hasil sampah makanan yang tersisa.

Selain melaksanakan peningkatan dalam sektor tersebut, kelompok kami banyak membantu program kerja yang telah ada di Desa Wangunsari. Salah satu program kerja yang cukup besar dan melibatkan para warga Desa Wangunsari adalah Pesta Rakyat Peringatan Hari Besar Nasional Kemerdekaan Indonesia. Kami menjadi bagian dari panitia pelaksana Pesta Rakyat di Desa Wangunsari bersama-sama dengan perangkat desa lainnya untuk membantu mengsukseskan acara Pesta Rakyat Desa Wangunsari tahun 2023.

Banyak lomba-lomba yang dilakukan untuk memeriahkan kegiatan Pesta Rakyat. Terdapat lomba gerak jalan, gapura, hadroh, qosidah, dan karnaval. Dari banyaknya perlombaan tersebut, perlombaan yang cukup menarik perhatian adalah lomba karnaval. Pada kegiatan lomba karnaval ini, setiap RW mengirimkan kreasi seni yang akan ditampilkan selama perjalanan ke kantor desa dari RW masing-masing sebelum akhirnya dinilai di Kantor Desa oleh Juri yang merupakan Mahasiswa KKN UPI.

Penampilan Lomba Karnaval RW 02/Dok pribadi

Kegiatan ini cukup bergengsi di Desa Wangunsari karena merupakan perlombaan antar RW yang ada di Desa Wangunsari sehingga kegiatan ini sangat ramai dan antusiasme warga cukup besar sehingga banyak yang menonton dan mengabadikan lomba karnaval ini. Adapun RW yang menjuarai perlombaan karnaval ini adalah RW 02 yang mengusung tema Pewayangan sebagai tema dari karnaval tahun ini. Meskipun begitu, RW lain pun tidak kalah menarik dan sangat kreatif dalam lomba karnaval ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline