Lihat ke Halaman Asli

Apa Awal Harimu Hari Ini?

Diperbarui: 24 Juni 2015   16:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sangat penting bagi kita untuk mengawali hari dengan pikiran-pikiran yang positif. Positif thinking, begitu biasanya kita menyebutnya. Mengapa perlu berpositif thinking? Sadarkah bahwa sebenarnya setiap pikiran yang ada di otak kita akan mempengaruhi kinerja kita? Tubuh kita akan bekerja mendukung pikiran-pikiran yang ada di otak kita.

Hari-hari yang kita lalui pasti memiliki tujuan tertentu yang ingin kita capai. Untuk meraih tujuan itu kita melakukan usaha-usaha. Usaha yang dilakukan setiap orang berbeda-beda tergantung seberapa kuat motivasi yang kita miliki.

Motivasi dapat menjadi salah satu resep keberhasilan kita. Misalnya saja ada seseorang yang ingin menjadi juara dalam lomba karena ingin mendapatkan hadiah yang dijanjikan. Karena hadiah yang diinginkan itu, ia akan berusaha semaksimal mungkin, berusaha berkali-kali lipat dari pada usaha yang biasa dilakukannya. Usaha yang dilakukan tidak akan sehebat itu bila ia tidak memiliki motivasi. Dalam diri seseorang tentu memiliki motivasinya sendiri-sendiri, ada yang termotivasi oleh orang tua, teman, ada pula yang termotivasi dari dalam dirinya sendiri, misalnya termotivasi karena ada kebanggaan atau prestise tersendiri bila ia dapat mencapai sesuatu. Satu hal yang dapat kita lakukan untuk mendukung motivasi diri dalam mencapai prestasi atau apa yang menjadi tujuan kita adalah dengan mengendalikan pola pikir kita.

Kita dapat membuat pola pikir kita sesuai dengan yang kita inginkan. Kita bisa bercermin dan mengatakan pada diri kita sendiri “saya bisa”, “saya sudah lebih bisa menguasai materi logaritma”, “saya lebih sehat dari kemarin”, dan kata-kata lain yang positif yang dapat kita tujukan pada diri kita sendiri. Kebanyakan orang mengira bahwa apa yang dilakukan tersebut adalah hal yang tidak penting, membuang-buang waktu percuma, dan lain sebagainya. Tapi, hal tersebut secara tidak tampak mempengaruhi psikologis kita. Misalnya dengan mengatakan bahwa “saya lebih bisa dari kemarin” kepercayaan diri kita akan meningkat, kepercayaan bahwa kemampuan kita sudah meningkat dari pada kemarin ini akan membawa pengaruh yang baik bagi kita.

Akan baik bila kita dapat memulai hari dengan positif thinking, dengan memulai hari didepan cermin dan mengatakan “saya sudah lebih bisa” karena kata-kata yang kita ucapkan akan membawa energi positif bagi tubuh kita. Pernah ada penelitian di Jepang tentang bentuk kristal air. Air yang diletakan di botol kemudian ditempeli kata-kata positif misalnya ‘saya sayang kamu’ akan membentuk kristal air yang baik bahkan sempurna dari pada air yang ditempeli kata-kata negatif seperti ‘aku benci kamu’ air tersebut tidak dapat membentuk kristal air yang baik bahkan hancur. Tentu yang lebih baik adalah air yang mengkristal sempurna, bila air tersebut kita minum maka air tersebut akan menyehatkan tubuh kita. Begitu dahsyatnya kata-kata positif hingga bisa membentuk kristal air sempurna, begitu pula bagi tubuh kita kata-kata positif dapat memotivasi pikiran dan meningkatkan daya kerja kita.

Karena itu mari awali hari-hari kita dengan positif thinking mengatakan pada diri kita sendiri bahwa kita mampu, kita bisa!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline