Lihat ke Halaman Asli

Asti Sundari

Berfikir adalah salah satu cara bersyukur telah diberi akal. Sebab keunggulan manusia dari akalnya.

Pemaksaan Berjilbab yang Dialami Mahsa Amini Akan Menjadi Trauma Perempuan Islam

Diperbarui: 18 September 2022   21:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Twitter AlinejadMasih

Mahsa Amini adalah perempuan dari Iran yang berusia 22 tahun dirinya dikabarkan koma berhari - hari setelah ditangkap polisi moral di negaranya sendiri.

Alasannya karena dirinya tidak mengenakan jilbab dengan benar meskipun menggunakan baju panjang berwarna hitam seperti gamis.

Hal ini membuat saya kembali teringat tentang Islamofobia dimana para perempuan islam dipaksa melepaskan jilbab akibat kejadian teroris di Amerika Serikat sehingga banyak perempuan islam yang harus menanggalkan jilbabnya agar tidak di diskriminasi. 

Ini bukan tentang bagaiman islam memandang jilbab atau hijab sebagai kewajiban dalam agama atau perdebatan tafsir tentang hijab dan jilbab yang setiap ulama memiliki perbedaan pendapat.

Namun ini tentang bagaimana manusia memiliki pilihan atas apa yang dipakainya. 

Pemaksaan adalah bentuk kediktaktoran yang nyata entah di negara barat atau di negara islam seperti yang terjadi di Iran, seolah hak dan kebebasan sebagai seorang muslim dirampas meyakini keyakinannya mungkin saja berbeda dengan yang lain.

Pemaksaan adalah bentuk terorisme itu bukanlah wajah islam yang sebenarnya apalagi jika kita mendengar bagaimana Rasulullah SAW berdakwah maka akan sangat jauh berbeda apa yang dilakukan di jaman sekarang.

Islam seolah berjalan mundur dari peradaban ketika agama yang lain fokus dalam pengembangan teknologi untuk menyelamatkan manusia.

Jika dilihat ini akibat terpecahnya islam menjadi beberapa golongan namun terlepas dari itu kemanusiaan adalah dasar manusia itu sendiri tidak mengenal golongan dan agama apapun

Bagaimana rasanya agama yang diyakini dalam hidupnya membuat banyak luka sehingga kepercayaan dalam beragamanya pudar akibat dari perbuatan orang - orang yang tidak bertanggung jawab.

Seperti pemaksaan berjilbab di Iran atau pemaksaan berjilbab di sekolah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline