Lihat ke Halaman Asli

Tentang HUT RI ke-65

Diperbarui: 26 Juni 2015   13:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hari ini adalah hari kemerdekaan bagi seluruh bangsa Indonesia. Tepat pada tanggal 17 Agustus 2010 genap sudah negara ini berusia 65 tahun. Umur yang sudah cukup tua bila diibaratkan seorang manusia. Meskipun Indonesia sudah mencapai usia yang cukup tua namun masih saja banyak kekurangan yang dimiliki oleh negara tercinta ini.

Banyak rakyat yang menuntut adanya kemerdekaan. Banyak orang mengatakan Indonesia sudah merdeka tapi masih tetap saja terjajah, banyaknya orang kelaparan, penyakit busung lapar, kemiskinan, kebodohan dan masih banyak contoh lainnya. Sebagai seorang yang cinta dengan Indonesia saya merasa sangat sedih melihat kondisi Indonesia ini terutama melihat sikap rakyat dalam menyambut dan merayakan hari bersejarah ini.

Masyarakat tidak lagi antusias dalam menyambut hari yang sangat bersejarah ini. Sepertinya rasa kebanggaan terhadap Indonesia ini sudah mulai luntur atau memang sikap nasionalisme sudah tidak dimiliki lagi oleh bangsa ini. Sebagai contoh nyata banyak anak sekolah yang cabut dan tidak datang ke sekolah untuk mengikuti upacara peringatan HUT RI, mereka lebih memilih cabut, jalan-jalan dan main game padahal tanggal 17 Agustus adalah hari libur nasional. Bagi mereka kemerdekaan adalah kebebasan untuk melakukan hal yang mereka inginkan, bebas untuk bertindak dan berekspresi. Banyak orang salah mengartikan arti kemerdekaan itu. Bagi sebagian orang merdeka sama dengan bebas, tidak dijajah, bebas melakukan apa yang mereka suka dan masih banyak pengertian merdeka lainnya yang menurut saya tidak sesuai dengan makna kemerdekaan yang sesungguhnya.

Melalui tulisan ini saya sangat berharap agar bangsa ini lebih bisa menghargai hari kemerdekaan itu, lebih antusias dalam merespon hari besar ini atau hari bersejarah ini. Saya juga berharap agar pemerintah benar-benar membuat tanggal 17 Agustus itu sebagai hari Libur Nasional. Saya berharap agar seluruh rakyat benar-benar antusias merayakan hari bersejarah ini dan bersedia meninggalkan aktifitasnya sehari-hari untuk merayakan hari besar ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline