Lihat ke Halaman Asli

Antara metrotvnews.com dan detik.com

Diperbarui: 24 Juni 2015   17:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13621511031704624204

1362151347171949375

Sekarang media online hadir sebagai new media.Web berita online yang pertama gencar adalah detik.com. Tahun ke tahun inovasi baru muncul , konvergensi media, media televisi atau koran memiliki situs online ,misalnya metrotvnews.com.

Tulisan berikut ini akan menganalisis dua web berita online tersebut, yakni detik.com dan metrotvnews.com. Analisis dilihat dai berbagai aspek yakni content (isi), funcionality (kemudahan pemakaian), navigation (kemudahan mencari isi), audio/video quality (kualitas video), interactivity (Hubungan dengan pembaca).

Dilihat dari segi content, Setiap berita yang di sajikan oleh detik.com dan metro tvnews.com juga telah memenuhi penulisan berita online maupun berita konvensional. Berita yang disajikan sudah memiliki kelengkapan unsur berita 5W+1H dan nilai-nilai berita baik dari berita soft news maupun hard news.  Dilihat dari isinya, detik.com lebih menonjolkan hiburan, sedangkan metrotvnews.com merupakan lebih mengutamakan informasi/berita.

Keistimewan dari berita online adalah ditulis dengan ringkas antara 150 hingga 400 kata, sehingga akan mudah dimengerti dan tidak melelahkan mata. Dilihat dari segi tampilannya, detik.com lebih full colour dibandingkan dengan metrotvnes.com, namun tata letaknya lebih nyaman dipandang metrotv.news. Kolom-kolom berita dalam detik.com terlihat terlalu padat. Jumlah kanal dan rubrik yang dimiliki, detik.com lebih banyak.

Dari segi functionality, detik.com dan metrotvnews.com relatif cukup mudah digunakan, yakni bisa diakses melalui gadget masing-masing pembaca. Bahkan media tersebut sudah menyediakan aplikasi untuk mempermudah akses berita.  Selain itu pembaca juga dapat memperoleh informasi dari sosial media.

Di kedua web tersebut juga memiliki fitur search yang dapat memudahkan  pembaca untuk menemukan artikel dengan cepat. Cukup dengan kata kunci pembaca langsung menemukan artikel yang diinginkan. Dengan begitu pembaca juga akan mudah untuk menemukan arsip-arsip berita yang telah lalu.

Dari detik.com maupun metrotvnews.com dilengkapi dengan berbagai konten video. Video yang diuanggah dalam web tersebut juga memiliki variasi isi yang beragam misalnya hiburan, dokumenter, dialog, feature,dll. Dilihat dari segi jumlah video, metrotvnews.com akan lebih banyak dibandingkan dengan detik.com. Apalagi metrotvnews.com adalah web berita televisi, jadi akan lebih menonjolkan video. Hal ini juga akan bermanfaat bagi mereka yang lebih menyukai audiovisual.

Tentunya metrotvnews.com dan detik.com memberikan ruang interaktif bagi pembacanya, baik melalui kolom komentar di setiap berita maupun dari citizen journalism. Apabila dibandingkan, ruang publik yang disediakan detik.com lebih banyak daripada metrotvnews.com. Detik.com menyediakan kolom opini anda, kolom kita, surat pembaca, bahkan pembaca juga dapat mengupload video maupun foto untuk disebar luaskan. Sedangkan metrotvnews.com hanya melalui wide shot, sebuah program untuk citizen journalism dan komentar disetiap artikel. Jika dibandingakan antara detik.com dan metrotvnews.com ternyata respon pembaca lebih banyak dimiliki detik.com, bisa mencapai 200 komentar dalam satu artikel, sedang metrotvnews.com tidak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline