Lihat ke Halaman Asli

Astatik Bestari

Astatik ketua PKBM Bestari Jombang Jawa Timur

Jangan Menyerupai Popularitas Dukun!

Diperbarui: 24 Desember 2022   06:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Apakah Anda orang yang sering terlibat dalam kegiatan berskala nasional, bahkan internasional?

Apakah Anda juga dilibatkan dalam kegiatan di lingkungan terdekat Anda di samping kegiatan Anda di skala nasional dan internasional, misalnya di desa tempat Anda tinggal bersama keluarga Anda?

Jika Anda sibuk di kegiatan skala nasional maupun internasional dan kehadiran Anda juga bermanfaat di lingkungan terdekat Anda, maka itu adalah keberuntungan Anda. Lingkungan terdekat Anda adalah orang-orang yang hidup 24 jam bersama Anda dan keluarga Anda. Mereka tahu kelebihan dan kekurangan Anda. Jika Anda dilibatkan, diundang dalam kegiatan lingkungan terdekat tersebut, karena Anda memiliki kelayakan menjadi bagian terpenting kegiatan tersebut. Wow amazing!

Sebaliknya, jika Anda sibuk melaksanakan kegiatan berskala nasional dan internasional, namun di lingkungan terdekat Anda, Anda tidak punya peran apa-apa di situ, bisa jadi ini akan menimbulkan pertanyaan besar. Apakah Anda bukan golongan orang yang peduli dengan lingkungan sekitar? Apakah Anda dengan segala potensi Anda tidak begitu dikenal oleh lingkungan Anda? 

Konon orang yang dikenal luas oleh lingkungan di luar tempat tinggalnya, tapi di lingkungan tempat tinggalnya ia tidak kedengaran gaungnya, tidak tampak kontribusinya , disebut memiliki "popularitas dukun". Konon katanya, dukun itu tamunya/ pasiennya/ kliennya dari luar daerah tempat tinggalnya, tapi tetangganya tidak tahun potensinya sebagai dukun. 

Nah, selamat bagi Anda yang bermanfaat di skala nasional maupun internasional dan tetap menjadi bagian penting di lingkungan terdekat Anda, seperti misalnya di desa Anda. Anda tidak tergolong orang yang memiliki "popularitas dukun".

Catatan ini saya tulis dalam rangka mengungkapkan ras terima kasih saya kepada pemerintah desa Catakgayam kecamatan Mojowarno kabupaten Jombang Jawa Timur telah mengajak saya ikut memperingati hari Ibu ke-94 di desa Catakgayam. Tandanya saya terhindar dari "popularitas dukun" setelah beberapa waktu sebelumnya saya sering ada kegiatan di luar kota, hehehe.

Jombang, 23 Desember 2022

Astatik Bestari

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline