Lihat ke Halaman Asli

Pro Kontra Kuliah Online di Tengah Pandemi Covid-19

Diperbarui: 30 Juni 2021   19:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Bekasi - Pademi Covid-19 menyebabkan segala aktivitas dilakukan dirumah termasuk belajar . Di tengah wabah pademi ini sekolah dan perguruan tinggi ditutup sementara untuk menghindari kerumunan yang menyebabkan peningkatan kasus covid-19 .

Berlakunya sisten perkuliahan online dengan menggunakan salah satunya aplikasi Zoom dan E-Study sebagai sarana mahasiswa sebagai ruang belajar dan mengadakan telekonferensi mahasiswa dengan dosen ternyata memunculkan banyak reaksi dari mahasiswa .

Salah satunya adalah Baitul Jannah seorang mahasiswi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan social, menyapaikan bahwa di masa Pademi Covid-19 ini kuliah online sangat membantu ia untuk terus menerima materi yang disampaikan oleh dosen yang terdapat di E-Study ataupun di Zoom .

" Di masa pademi ini salah satu hal yang di perhatikan adalah menghidari kerumunan , dengan kuliah online maka saya dengan mudah menerima materi dari Dosen walaupun tidak dengan tatap muka . Menurut saya kuliah online dengan kuliah tatap muka sama saja jika kita sulit untuk menerima materi yang disampaikan kita bisa langsung bertanya ke Dosen melalui pertemuan Zoom dan dengan adanya E-study saya lebih mudah untuk mengumpulkan tugas dan membaca materi berkali-kali yang sudah diberikan dosen di E-study ." Ujar Jannah (29/06/21)

Pendapat berbeda disampaikan oleh mahasiswi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan social yaitu Sherliana , ia mengungkapkan kuliah online sangat kewalahan serta membuat ia kebingungan dengan aplikasi yang dibuat untuk kuliah online tersebut .

" Jujur awal-awal kuliah online saya sangat bingung cara menggunakan aplikasi-aplikasi untuk dosen menyampaikan materi . Dan menurut saya kuliah online belum efektif , jika jaringan tidak bagus saat sedang menggunakan Zoom maka materi yang disampaikan oleh Dosen tidak diterima dengan baik oleh saya , terlebih lagi tugas-tugas yang diberikan lebih banyak dibandingkan saat kuliah tatap muka . " Ujar Sherliana (29/06/21)

Lebih lanjut sherliana mengukapkan semoga pademi virus Covid-19 cepat berlalu dan perkuliahan bisa dilakukan normal kembali dengan cara tatap muka .

"Semoga pademi ini cepat berlalu biar bisa kuliah normal lagi dan bertemu kembali dengan teman-teman di kampus." Ujar Sherliana

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline