Lihat ke Halaman Asli

Baiq SitiAssurok

Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang

Pentingnya Mental Health Awareness bagi Generasi Emas 2045 Indonesia

Diperbarui: 19 September 2022   20:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Penulis : Baiq Siti Assurok

NIM    : 202210230311380

            Kesehatan mental merupakan salah satu hal yang sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Individu yang dinilai sehat secara mental tidak semata-mata orang yang bebas dari gangguan jiwa. Menurut World Health Organization (WHO), kesehatan mental adalah kondisi dari kesejahteraan yang disadari individu, yang di dalamnya terdapat kemampuan-kemampuan untuk mengelola stress, dapat bekerja secara produktif dan menghasilkan serta berperan di lingkungannya. Kesehatan mental atau Mental Health dalam perspesktif psikologi adalah suatu keadaan psikologis seseorang dalam menyesuaikan diri terhadap permasalahan-permasalahan baik yang ada dalam dirinya maupun yang berada diluar lingkungan dirinya dengan menunjukkan kemampuan maupun potensi yang dimilikinya. Sedangkan dalam perspektif Islam, kesehatan mental adalah suatu kemampuan diri manusia dalam mengelola fungsi-fungsi kejiwaan sehingga tercipta penyesuaian diri yang baik antara dirinya sendiri baik dengan manusia lain, makhluk hidup lain, lingkungan, alam semesta maupun dengan Allah secara dinamis yang didasarkan pada Al-Qur'an dan Hadist.

Oleh karena itu, kesehatan mental merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia di zaman sekarang. Sayangnya saat ini kesadaran akan pentingnya kesehatan mental di dunia dan Indonesia masih kurang. Menilik data Americal Psychological Association, selama pandemi Covid-19, remaja yang tergolong milenial dan Z mengalami peningkatan gangguan kesehatan mental 53%. Hal ini sesuai dengan pendapat Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza Dr.Celestinus Eigya Munthe menjelaskan masalah kesehatan jiwa di Indonesia terkait dengan masalah tingginya prevalensi orang dengan gangguan jiwa. Untuk saat ini Indonesia memiliki prevalensi orang dengan gangguan jiwa sekitar 1 dari 5 penduduk, artinya sekitar 20% populasi di Indonesia itu mempunyai potensi-potensi masalah gangguan jiwa.

Tidak dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 telah membawa sejumlah perubahan besar dalam kehidupan manusia, salah satunya aspek kesehatan mental. Proses adaptasi dikala pandemi yang terus menerus dilakukan dapat mengguncangkan mental seseorang. Tak peduli usia, gender, profesi, maupun jabatan, penyakit mental dapat menyerang siapa saja. Oleh karena itu, perlunya membangun mental health awareness harus terus dilakukan pada zaman sekarang apalagi setelah melewati era pandemi ke new normal dengan berbagai cara. Zaman sekarang mental health adalah hal yang penting dan bukanlah hal yang tabu. Buktinya mental health menjadi isu perbincangan yang banyak dibahas anak muda pada masa ini.

Generasi sekarang lebih aware mengenai mental health dengan membentuk berbagai komunitas peduli kesehatan mental. Melalui komunitas tersebut mereka bersama-sama memulai berbagai gerakan pencegahan maupun penanganan kesehatan mental. Selain itu, mereka juga memanfaatkan perkembangan teknologi dengan melakukan kampanye mental health awareness yang sekarang sudah sering dijumpai di berbagai platform media sosial berupa poster, video kreatif (di tiktok atau reels instagram), atau edukasi lainnya di media sosial. Penggunaan platform media sosial dapat menjangkau lebih banyak kalangan khususnya anak-anak muda sebagai pengguna utama media sosial. Dengan tersebarnya informasi ini di masyarakat secara terus menerus, maka diharapkan masyarakat dapat membuka mata terhadap pentingnya kesehatan mental.

Apabila upaya-upaya yang dilakukan tersebut dapat diterima dengan baik maka dapat dipastikan Indonesia menjadi lebih baik dalam hal menjaga kesehatan mental masyarakatnya, terlebih lagi bagi para generasi muda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa. diharapkan memiliki kesadaran dalam menjaga kesehatan mental demi untuk mengantarkan Indonesia mencapai generasi emas 2045 yang sehat jiwa dan jasmaninya supaya dapat membangun Indonesia yang lebih baik di masa depan.

Daftar Pustaka

Dirgayunita, A. 2017. Kesehatan Mental dalam Perspektif Psikologi dan Islam. IMTIYAZ, 1(1)

Handoyo, F.F. 2022. Membangun Mental Health Awareness untuk Mencapai Generasi Emas Indonesia 2045. Universitas Nasional Karamgturi

Rokom. (7 Oktober 2021). Kemenkes Beberkan Masalah Permasalahan Kesehatan Jiwa di Indonesia. Sehat Negeriku.kemkes.go.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline