Lihat ke Halaman Asli

Asri Mariati

Mahasiswa

Kurikulum Merdeka

Diperbarui: 30 Oktober 2022   18:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Helo guys tau ga sih di Indonesia itu sudah banyak lho dan sering kali di ganti kurikulumnya dari zaman mulaianya kemerdekan sampai sekarang , baru-baru ini juga pemerintahan membuat kurikulum yang namanya kurikulum merdeka,dan sekarang kita akan membahasnya tapi sebelum kita membahas itu kalian tau ga sih? kurikulum sendiri itu apa? Nah bagi yang belum tau yuk sama-sama belajar,jadi kurikulum bersal dari bahasa yunani yaitu curi yang berati pelari dan curere yang berati tempat balapan.

Dan beberapa ahli berpendapat tentang kurikulum yaitu; 

Sayalor,alexander,lewis

Kurikulum adalah segala upaya sekolah untuk mempengaruhi siswa agar belajar,baik di dalam kelas ,di halaman sekolah,maupun di luar sekolah.

Harold B. Alberty

Kurikulum adalah segala kegiatan yang di berikan kepada siswa di bahawa tangung jawab sekolah.

Rusman 

Kurikulum adalah segala upaya sekolah untuk mepengaruhi siswa agar mampu belajar,baik di dalam kelas maupun di luar sekolah.

Dan adapun dalam tahun 2003,kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujan,isi dan bahan pembelajaran serta cara-cara yang di gunakan sebagai pedoman untuk menyelengarakan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. 

Jadi kesimpulanya kurikulum adalah pedoman yang di gunakan guru, dalam mengajar dan tujuan-tujuan apa saja yang harus di selsaikan agar bisa mepengaruhi murid dalam belajar di dalam ruangan maupun di luar ruangan yang di berikan kepada murid di abawah tangungan sekolah.

Nah sekarang jadi taukan apa itu kurikulum,dan kurikulum itu sendiri sering di perbaruhi dari zaman ke zaman sesui perkembangan zaman dan kebutuhan bangsa Indonesia, sampailah kita pada kurikulum yang baru-baru ini di buat oeh pemerintah yaitu kurikulum merdeka, jadi apa sih kurikulum merdeka itu? 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline