Lihat ke Halaman Asli

Moch IchlasulAsror

Mahasiswa UM Surabaya

Langkah Hidup Sehat, Mahasiswa KKN UM Surabaya Kenalkan Hand Sanitizer Otomatis

Diperbarui: 28 Agustus 2021   22:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Langkah Hidup Sehat, Mahasiswa KKN UM Surabaya Kenalkan Hand Sanitizer Otomatis

Hand sanitizer otomatis sebagai langkah hidup sehat dikenalkan oleh kelompok sukolilo 3 KKN Back to Village UM Surabaya. Tema Back to Village merupakan konsep yang diusung oleh Universitas Muhammadiyah Surabaya di tengah masa pandemi. Hand sanitizer otomatis merupakan alat inovasi yang dibuat dengan menggunakan Infra Red (IR) sensor. Dengan demikian meminimalisir kontak langsung individu. Hal ini sesuai dengan prinsip langkah hidup sehat yaitu 5M (Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Membatasi mobilitas). Pendampingan ini dilakukan pada masyarakat Kedung Baruk agar dengan sadar menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari hari.

Dengan memanfaatkan sensor IR (Infra Red) kita dapat membuat suatu alat yaitu hand sanitizer otomatis yang mempunyai kelebihan mengeluarkan hanitizer tanpa menyentuh alat tersebut. Bahan alat ini terbuat dari pipa yang mampu menampung banyak cairan hand sanitizer. Jenis pipa yang digunakan adalah PVC dengan diameter 4 inch dengan tinggi 30cm. alat ini mampu menampung kurang lebih 1,5liter hand sanitizer, kemudian kelebihan alat ini adalah portable sehingga dapat dibawa kemana mana.

Dengan diperkenalkannya Hand Sanitizer Otomatis ini Kelompok KKN Sukolilo 3 mengharapkan agar dapat menjadi suatu motivasi untuk menerapkan pola hidup sehat serta dapat memutus tali rantai penyebaran Covid-19.

[Hand sanitizer otomatis]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline