Lihat ke Halaman Asli

Peneapan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Diperbarui: 15 Desember 2021   21:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Virus corona atau dalam bahasa latin severe acute respiratory coronavirus 2 (SARS-Cov-2) merupakan suatu virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus ini dapat menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan juga lansia. Tak tanggung-tanggung dampak yang ditimbulkan juga beragam, mulai dari gangguan pada sistem pernafasan, infeksi paru-paru berat, hingga berujung kematian.

Dewasa ini, virus corona telah menyebar ke segala penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia. Seiring dengan penyebarannya, virus corona juga mengalami mutasi dan menimbulkan berbagai varian baru dimulai dari varian Alpha, varian Beta, varian Gamma, varian Delta, varian Lambda, varian Epsilon, varian Zeta, varian Eta, varian Theta, varian Iota, hingga varian kappa. Selain itu, saat ini badan kesehatan dunia atau WHO tengah mengamati varian lokal yang berasal dari Indonesia.

Saat ini Indonesia sedang berjuang keras menghadapi pandemi Covid-19 yang penyebarannya semakin masif di berbagai daerah. Berdasarkan laporan terakhir dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES RI) pada tanggal 28 Juli, 2021 dilaporkan bahwa terdapat 47.891 kasus baru positif korona, 43.856 pasien sembuh, dan sebanyak 1.824 pasien meninggal. Tentu ini seharusnya menjadi tamparan bagi kita untuk lebih meningkatkan protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah selama PPKM Level 1-4 berlangsung.Selain itu, dalam spektrum yang lebih luas Covid-19 tidak hanya berpengaruh pada kegiatan individu saja melainkan turut mempengaruhi segala lini kehidupan mulai dari kehidupan bermasyarakat, pemerintahan, kebijakan, perekonomian, dan pendidikan.

Dengan itu, Universitas 17 Agustus 1945 merumuskan kegiatan Kuliah Kerja Nyata bagi mahasiswa sebagai bukti nyata kontribusi UNTAG membantu pemerintah dalam penanggulangan dampak Covid-19 di masyarakat,KKN tahun ini dilaksankan secara mandiri oleh mahasiswa di wiliyah domisili masing-masing penekanan tentang pentingnya penerapan PHBS menjadi fokus utama mahasiswa yang sedang melaksanakan kegiatan KKN.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline