Pendidikan merupakan pedoman menuju kebahagiaan bagi anak. Kebahagiaan yang relevan tentu saja mengelola pembelajaran untuk kepentingan anak. Hal terpenting dalam filsafat pendidikan adalah bagaimana membuat anak mengubah karakternya. Oleh karena itu, pada tahun 2017, melalui Perpres No. 87, pemerintah menerbitkan peraturan tentang penguatan pendidikan karakter. Penataan ini dilakukan untuk memberikan identitas bahwa negara Indonesia adalah bangsa yang beradab yang menjunjung tinggi budi pekerti luhur, nilai-nilai luhur, kearifan dan budi pekerti. Adalah keinginan suatu bangsa untuk memiliki anak-anak bangsanya sendiri yang berbudaya dan yang cara berpikir dan perilakunya berkarakter dan berkarakter. Bagaimana membentuk karakter siswa di sekolah?
Cara yang paling tepat adalah dengan mempraktekkan perilaku positif. Kami tahu kebiasaan ini dalam budaya. Untuk mengembangkan karakter, perlu dibangun budaya positif di lingkungan sekolah. Budaya sekolah adalah nilai-nilai yang dianut di sekolah. Budaya sekolah meliputi kebiasaan-kebiasaan yang telah disepakati untuk dilaksanakan bersama dalam jangka waktu tertentu.
Ketika perilaku positif menjadi kebiasaan dan mengakar, maka karakter siswa yang diharapkan akan berkembang. Sebagai lembaga pendidikan di lingkungan sekolah, budaya positif harus dibangun dalam membentuk karakter anak. Guru sebagai aktor pembentuk karakter siswa memiliki tantangan yang sulit, karena karakteristik siswa di setiap kelas berbeda-beda.
Selain tugas pribadi guru, seperti perencanaan pembelajaran, pembelajaran dan penilaian, guru harus mampu mengatur perilaku siswanya di dalam kelas. Guru percaya bahwa tugasnya dapat dilakukan dengan baik jika mereka mengikuti aturan dan prosedur. Ini juga berlaku untuk siswa karena mereka adalah bagian darinya. Mereka dapat berpartisipasi dalam semua kebijakan dan prosedur ini. Untuk membiasakan perilaku positif, Anda bisa memulainya dari hal-hal kecil, mudah dan sederhana yang bisa dilakukan secara konsisten. Salah satu hal yang saya lakukan untuk perilaku kelas yang positif adalah membuat kontrak kelas dengan siswa.
Kami menyebut kesepakatan bersama ini sebagai kesepakatan kelas. Kesepakatan kelas adalah kesepakatan bersama semua anggota kelas, yaitu. guru dan Murid. Kesepakatan ini merupakan hasil diskusi kelas yang biasanya dilakukan pada awal tahun ajaran atau awal pembelajaran. Untuk kegiatan ini, saya menerapkan beberapa langkah untuk menciptakan pembelajaran bahasa Inggris di kelas, yang disertakan dalam deskripsi kegiatan yang sebenarnya. Kontrak kelas adalah bentuk disiplin positif yang tidak melibatkan ancaman atau hukuman. Semua tujuan yang diinginkan dibahas dan konsekuensi dari pelanggarannya.
Penerapan disiplin positif pada akhirnya dapat meningkatkan kesadaran siswa dan memunculkan motivasi batin untuk pengembangan karakter positif. Kesepakatan antara guru dan siswa yang demikian menimbulkan rasa inklusi dalam diri siswa dan pendapatnya didengar, sehingga mereka lebih bertanggung jawab dalam menunaikan setiap tanggung jawabnya. Deskripsi Tindakan Aktual Tindakan aktual yang melibatkan implementasi budaya positif melalui kesepakatan kelas melibatkan beberapa langkah dalam implementasinya. Diyakini bahwa partisipasi setiap orang di kelas menciptakan budaya positif di sekolah.
Dalam penyusunan kontrak pelajaran, khususnya untuk pembelajaran bahasa Inggris, saya melakukan langkah-langkah sebagai berikut: Menentukan tujuan atau tujuan yang dapat dicapai Pada awal kegiatan pembelajaran, saya biasanya menanyakan kepada siswa tujuan apa yang ingin mereka capai dengan kegiatan tersebut.
Saya memberikan pertanyaan pemicu seperti "Apa yang Anda ingin anak-anak capai ketika mereka belajar bahasa Inggris?". Siswa mendapat jawaban "Berbicara bahasa Inggris dengan lancar", "Berbicara menulis kalimat" dan "Bisa berkomunikasi secara aktif". Merumuskan Tindakan untuk Mencapai Tujuan Setelah kita menetapkan tujuan bersama siswa, kita berdiskusi merumuskan tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Saya mulai dengan pertanyaan seperti "Apa yang harus dilakukan anak-anak untuk mencapai tujuan kita?"
Pertanyaan tentang merumuskan kegiatan yang ditujukan untuk mencapai tujuan juga dapat dikaitkan dengan sikap siswa, misalnya "Sikap apa yang harus muncul dalam kegiatan pembelajaran kita?". Jawabannya adalah "Kemampuan untuk aktif dalam percakapan", "Kemampuan bekerja sama dengan teman" atau "Saling menghargai antar teman". Ringkasan 5 poin penting sebagai kesepakatan kelas Pada poin ini, saya menginstruksikan siswa untuk merangkum 5 poin. Saya juga menyertakan kata kunci "SETUJU" untuk mengambil setiap huruf sebagai persetujuan yang diterima.
Para siswa dan saya membuat kontrak dalam bahasa Inggris. Saya juga menjelaskan kepada siswa bahwa kata "SETUJU" yang berarti "menerima" merupakan representasi dari sebuah kesepakatan.
Menulis kontrak pelajaran dalam format poster Siswa saya dan saya menulis ini dalam format poster. Poster kesepakatan kelas Poster kesepakatan kelas ditempel di dinding kelas agar saya dan seluruh siswa di kelas dapat menandatanganinya. Memotret poster kesepakatan kelas (foto) Poster difoto dan dibagikan kepada kelompok WA di kelas dengan tujuan agar setiap siswa memiliki salinan kesepakatan kelas tersebut.