Lihat ke Halaman Asli

Menjadi Guru Profesional

Diperbarui: 26 November 2022   00:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Menjadi guru....adalah hal yang tak pernah terpikirkan olehku...seorang introvert yang sering kehilangan kata di depan khalayak ramai. Namun, pada akhirnya di sinilah jalan takdir membawaku. Menemukan keindahan dan kenikmatan bisa berbagi ilmu, berbagi kisah, dan menyelami jiwa-jiwa muda yang kadang kehilangan arah. Waktu menempaku dan 'memaksa'ku untuk menjadi guru yang lebih baik dari sebelumnya. Hingga di titik ini...aku mendapatkan kesempatan untuk menjadi guru profesional melalui PPG. 

Awalnya sangat senang bisa mendapatkan kesempatan ini, berharap mendapat banyak ilmu. Namun, semua tidaklah mudah... Bahkan membuatku cukup frustasi. Aku merasa jauuuuh dari sempurna. Segala yang sudah kulakukan dan kupelajari seakan sia-sia. Aku harus apa? Aku harus bagaimana? Aku hanya ingin menjadi sosok yang jauh lebih baik untuk jiwa-jiwa muda di ruang kelasku. Menggapa semua terasa begitu rumit?

Kutarik nafasku dan ku lepaskan perlahan. Segala kerumitan ini...darimana harus mengurainya, aku masih tak tahu. Aku hanya bisa memejamkan mata. Mengingat mereka yang penuh semangat belajar di kelas sederhanaku. Bahwa ini hanya langkah-langkah kecil yang harus aku lewati. Perih ini tak akan lama...perih ini menumbuhkan. Perih ini meluaskan pemahaman. Bahwa aku hanya kepompong yang belum siap terbang, tapi harus tetap terbang...maka luka ini yang harus ku tanggung. Akan ku obati diri ini, dan kembali melangkah lagi.

Dadaku terasa penuh, pikiranku makin keruh... Maka di sudut inilah aku terjaga, menuangkan segala resah. Berharap esok akan lebih indah.

Semangat!^_^




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline