Lihat ke Halaman Asli

Asri Susanti

Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang

Sekolah Rindang bersama Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 di SDN Wonosari 1

Diperbarui: 21 Juni 2022   15:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Sekolah yang rindang dapat menciptakan suasana yang asri, sejuk, dan nyaman sehingga dapat meningkatkan semangat belajar di sekolah. Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 mengadakan program sekolah rindang di SD Negeri Wonosari 1 yang bertujuan untuk menciptakan suasana indah dan nyaman di lingkungan sekolah, serta sebagai sarana bagi peserta didik belajar bercocok tanam dan merawat tanaman. 

Program sekolah rindang kali ini dilaksanakan pada hari Jum'at, 18 Maret 2022 di halaman SD Negeri Wonosari 1. Peserta didik diminta untuk membawa pupuk kandang dan 1 tanaman obat keluarga atau sayuran ataupun buah-buahan. 

Pelaksanaan program sekolah rindang diikuti oleh seluruh warga SD Negeri Wonosari 1 bersama tim mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 3. 

Kegiatan dimulai pada pagi hari, peserta didik dikumpulkan di halaman sekolah untuk di berikan informasi terkait teknis pelaksanaan program sekolah rindang.

Gambar 1. Pengarahan dari guru (Dokpri)

Pupuk kandang dan tanaman yang sudah dibawa oleh siswa dari rumah dikumpulkan di halaman sekolah. Selanjutnya, pupuk kandang tersebut dicampur dengan tanah sebagai media tanam. 

Pihak sekolah menyediakan polybag sebagai tempat menaman. Setelah semua tanah dan pupuk tercampur, siswa diminta untuk memasukkan media tanam tersebut ke dalam polybag hingga tiga per empat bagian. 

Mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 3 membantu menanam tanaman yang dibawa oleh siswa. Kami mengajarkan kepada siswa bagaimana cara menanam yang benar. 

Tanaman yang ditanam antara lain tanaman obat seperti kunyit, jahe, kencur, lidah buaya, lengkuas, serei, dan kumis kucing, sedangkan sayuran yang ditanam yaitu terong, daun bawang, cabai, tomat, kemangi, dan sawi. 

Tak hanya toga dan sayuran, kami juga menanam buah stoberi. Dalam proses penanaman tersebut kami juga menjelaskan fungsi-fungsi dari tanaman tersebut. Seperti toga yang berkhasiat sebagai obat herbal (alami). Para siswa sangat antusias dan bersemangat menggarap media tanam. Dan ada yang menyelesaikan proses penanaman serta melakukan penyiraman.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline