Lihat ke Halaman Asli

Asri Pancarani NIM 46122120032

mahasiswi mercubuana 42 2022/2023

Kuis 14

Diperbarui: 8 Desember 2023   05:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

by pacarani

Sebab Q menunjukkan jumlah permintaan maka dipilih  Q yang positif, yakni Q = 4.

Jadi nilai ebih bagi pelanggan Toko Kelontong Meruya Selatan adalah Q = 4.

Nilai tambah bagi pelanggan Toko Kelontong Meruya Selatan dapat dilihat dari jumlah yang diminta pada tingkat harga keseimbangan 6. Artinya, pada harga 6, pelanggan bersedia membeli 4 unit barang.

Kurva

Dari perhitungan diatas telah diperoleh jika P = 6 maka  Q = 4 atau Q = -9, diperoleh titik koordinat  (4,6) dan (-9,6).

Karena data demand P adalah fungsi kuadrat maka kurvanya berbentuk parabola, sehingga kita perlu menentukan titik puncak/titik ekstrimnya dengan,

by pancarani

Kurva yang cekung kebawah menandakan hubungan terbalik antara harga dan kuantitas yang diminta. Ketika harga barang turun, jumlah yang diminta oleh konsumen meningkat sesuai dengan prinsip fundamental dalam ekonomi (hokum permintaan).

Kurva ini juga menunjukkan utilitas marjinal yang semakin berkurang dari suatu barang. Semakin banyak unit barang yang dikonsumsi, kesediaan untuk membayar untuk unit tambahan akan berkurang. Oleh karena itu, kurva melandai ke bawah untuk menunjukkan bahwa konsumen bersedia membeli lebih banyak barang dengan harga lebih rendah tetapi lebih sedikit dengan harga lebih tinggi.

SOAL 2:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline