Lihat ke Halaman Asli

Asrina

Asrina

Street Food Tidak Kalah Enak

Diperbarui: 14 Desember 2021   23:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siapa bilang street food tidak enak?
        Banyak orang yang mengatakan makanan yang berada di pinggir jalan yang biasa disebut dengan Street food atau di kaki lima itu tidak enak, tidak sehat, dan lain sebagainya. Tetapi, justru makanan yang seperti ini digemari juga oleh banyak orang, karena selain harganya yang terjangkau juga rasanya tidak kalah enak dengan makanan yang berada di tempat mewah dan cukup mahal. Dengan adanya street food orang-orang dapat memanjakan lidah dengan menikmati makanan yang enak dan mengenyangkan, tanpa harus mengeluarkan biaya banyak.
        Salah satu warung sederhana yang cukup digemari oleh orang-orang yaitu angkringan Kamia yang dikelola oleh ibu Dani Setitis bersama keluarga. Pilihan makanan yang disediakan yaitu berbagai menu utama, makanan ringan, dan aneka macam minuman. Makanan dimasak masih dengan menggunakan tungku sehingga rasanya lebih autentik. Kapasitas produksi yang dihasilkan tergantung dari keuntungan, jika hari ini semua makanan terjual habis maka keesokan hari akan menambah kapasitas untuk mengantisipasi peningkatan permintaan. Selain itu juga jika ada pesanan kue atau catering akan diterima, untuk memenuhi permintaan konsumen.
        Lokasi Angkringan Kamia berada di Jalan Gonjen, Tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Alasan utama pemilik usaha memilih membuka warung di lokasi tersebut karena tempatnya yang strategis berada di pinggir jalan dan dekat dengan kos kosan mahasiswa sehingga sangat mudah untuk dijangkau. Angkringan Kamia dibuka mulai dari pukul 10.00 pagi dan tutup pukul 21.00/22.00 malam. Ibu Dani Setitis mengatakan "sebelum ada pandemi, angkringan tutup pukul 23.00 sampai 24.30, itu karena larisnya kalau malam".
        Bahan-bahan yang digunakan untuk menghasilkan produk pangan dibeli langsung dari pasar kemudian sebelum diolah, bahan baku yang berasal dari produk pertanian dan perikanan di simpan dalam lemari pendingin sebagai proses pengawetan agar tetap segar sampai dihasilkan menjadi makanan sajian. Urutan rantai pasokan produk pangan dimulai dari bahan baku -- manufaktur - konsumen. Jadi, untuk menghasilkan suatu produk pangan dimulai dengan membeli bahan baku dari pasar kemudian diolah menjadi makanan sajian hingga sampai kepada konsumen.
        Karena mengolah makanan menggunakan bahan baku yang baik dan masih segar sehingga kualitas makanan yang dihasilkan memiliki cita rasa yang lezat, selain itu dalam pengolahan makanan penjual sangat memperhatikan kebersihan agar makanan sajian yang dihasilkan sehat dan tidak cepat basi, terutama untuk alat-alat yang digunakan untuk memasak harus selalu diperhatikan kebersihannya. Tidak hanya kualitas makanan yang lezat, sehat dan memliki daya tahan, kualitas lain yang dirasakan oleh konsumen yaitu dari pelayanannya, penjual sangat ramah dan cepat dalam melayani pembeli. Ibu Dani Setitis mengatakan " Kalau mau dapat pelanggan banyak bersikap yang ramah."




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline